Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 09 September 2018

MENDIDIK ANAK PEREMPUAN


Judul : Cara Nabi Saw Mendidik Anak Perempuan
            Penulis : Misran Jusan & Armansyah
            Penerbit: Pri-U Media, 2016
            Tebal     : 323 hlm

Rasulullah Saw bersabda yang artinya :”Barang siapa yang memiliki tiga anak perempuan lalu ia bersabar atas mereka, dan memberi makan mereka, memberi minum, serta memberi pakaian kepada mereka dari kecukupannya, maka mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka pada Hari Kiamat (H.R. Ibnu Majalah (3669), disahihkan oleh Imam Al Albani dalam Ash-Shahihaini (294).
Anak-anak perempuan, dulu di sebagian bangsa belum belum mendapatkan hak yang proporsional. Mereka masih terpinggirkan secara ekonomi, sosial, pendidikan, hukum, dan politik. Alhamdulillah, bangsa dan negara kita telah memberikan hak kepada perempuan (termasuk anak-anak perempuan) yang lebih baik dalam bidang pendidikan, hukum, sosial, maupun hak politik.
Anak (termasuk anak perempuan) adalah  amanah dari Allah Swt yang harus dididik secara baik. Mereka adalah calon generasi penerus yang harus dipenuhi kebutuhan jasmani dan juga kebutuhan rohaniahnya. Mereka harus dimurnikan akidahnya, diluruskan ibadahnya, dan ditumbuhkan akhlakul karimahnya. Firman Allah : Wahai orang-orang yang beriman. Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. (Q.S. At Tahrim: 6).
Pemberian pendidikan Islami kepada anak-anak kita dengan harapan agar mereka menjadi anak-anak yang shaleh dan penyejuk hati. Hal ini sebagaimana yang sering kita do’akan setelah selesai sholat, yakni Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqina imama (YaTuhana kami, anugerahilah kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa”. (Q.S. Al Furqan: 74).
Buku ini menyajikan kiat-kiat mendidik anak-anak laki-laki maupun perempuan. Maka di buku ini dijelaskan cara orang tua mendidik putra-putriya secara baik. Oleh karena itu orang tua harus ikhlas, memiliki ilmu, kasih sayang, mendidik dengan sabar, dan memberikan keteladanan, adil dan pemaaf.
Salam Iqra’

Lasa Hs

0 komentar:

Posting Komentar