Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Jumat, 28 September 2018

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB



Judul        : Bahasa Arab di Mata Santri ABG
Penulis     : Sri Lestari Linawati
Penerbit   : Yogyakarta: Titah Surga, 2018
Tebal        : 190 hlm
Bahasa Arab merupakan bahasa istimewa yang memiliki kelebihan dari bahasa-bahasa lain. Diantara kelebihan itu adalah bahwa bahasa Arab sebagai bahasa Al Quran, bahasa ibadah (shalat), bahasa ilmu pengetahuan umat Islam, memiliki grammar lengkap, dan rasa (dzauq) bahasa yang tinggi.
Kami menyambut baik penerbitan buku yang membahas kedudukan bahasa Arab dalam Islam, kedudukan bahasa Arab dalam pengembangan ilmu pengetahuan, dan kedudukan bahasa Arab dalam percaturan dunia. Buku ini memang semula sebagai tesis dan agar pemikiran ini dipahami masyarakat, maka diterbitkan dalam bentuk buku. Hal ini merupakan suatu keberanian dan kesadaran berbagi. Apalah artinya tesis dan disertasi yang mungkin bernilai suma cumlaude, kalau toh hanya berfungsi sebagai dokumen yang disimpan di lemari besi. Apabila khawatir dijiplak, kini sudah ada program deteksi plagiasi. Ketakutan dishare itu justru jangan-jangan tesis atau disertasi itu hasil jiplakan.
Penulisan buku semestinya menjadi kesadaran para intelektual dan bukan sekedar keterpaksaan. Penulisan artikel maupun buku kadang sekedar mengejar bonus terindeks Scopus, kenaikan jabatan, proyek, penelitian, dan lainnya. Maka tak heran bila penulisan buku di negeri ini masih rendah bila dibanding dengan penulisan buku di negera lain.
Buku pertama karya Sri Lestari Linawati ini semoga diikuti penerbitan buku berikutnya. Semoga yang senior malu pada yang yunior. Kiranya perlu disadari bahwa penulisan merupakan pelestarian ilmu dan nilai. Ilmu dan nama yang “tidak ditulis” akan dilupakan sejarah. Mungkin generasi mendatang tidak kenal kita bahwa kita pernah hidup di dunia ini. Hal ini gara-gara tidak meninggalkan jejak, rekaman, tulisan yang baik. Jangan sampai ilmu dan pengalaman kita terkubur bersama jasad kita.

Lasa Hs.

0 komentar:

Posting Komentar