Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Rabu, 31 Oktober 2018

Silaturahim, Rapat Koordinasi, dan Sharing Session FPPTMA Korwil DIY- Jateng Selatan

Rabu (24/10) Pengurus Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah Korwil (FPPTMA) DIY-Jateng Selatan melaksanakan kegiatan rutin rapat koordinasi di STIKES Muhammadiyah Gombong. Sebelumnya, para peserta rapat melakukan kunjungan sebagai upaya mempererat silaturahim  ke Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah (STTM) Kebumen.
Dalam kesempatan tersebut, Lasa HS selaku ketua umum FPPTMA menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan pengelolaan perpustakaan kepada Ketua STT Muhammadiyah Kebumen. Selain itu, para peserta rapat yang terdiri dari perpustakaan UMY, UNISA, UM Magelang, UM Purwokerto, UM Purworejo, dan Stikes Muhammadiyah Gombong memberikan bantuan buku sebagai tambahan koleksi perpustakaan STT Muhammadiyah Gombong. 
Seusai melaksanakan kunjungan, rombongan kemudian bertolak menuju STIKES Muhammadiyah Gombong untuk melaksanakan agenda selanjutnya yakni Sharing Session dan rapat koordinasi. Rombongan disambut oleh Wakil Ketua II STIKES Muhammadiyah Gombong. Dalam sambutannya, Wakil Ketua II menyampaikan beberapa hal tentang pengelolaan perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong yang telah memberikan layanan dalam bentuk digital library. Beliau juga memberikan apresiasi kepada FPPTMA yang telah bersedia memberikan dukungan moril maupun materiil berupa bantuan buku ke perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong. Selain itu, Wakil Ketua II juga mengharapkan melalui silaturahim dapat dijadikan ajang berbagi para pengelola perpustakaan Muhammadiyah ‘Aisyiyah untuk memajukan perpustakaan di masing-masing instansinya.
Acara selanjutnya yaitu Sharing Session yang membahas tentang “Strategi Presentasi dan Pemilihan Seminar untuk Mempresentasikan Karya Ilmiah” dengan pemateri Arda Putri Winata, SIP., M.A yang juga merupakan pustakawan UMY. Arda memaparkan beberapa hal penting yang perlu dicermati oleh penulis pemula untuk Call for Paper baik lokal, nasional, maupun internasional. Pustakawan harus menulis agar dirinya lebih bermanfaat bagi banyak orang dan menjadi inpirasi bagi yang lainnya untuk ikut menulis. Selain itu, memilih konferensi yang akan diikuti juga harus dicermati. Daftar konferensi dapat dilihat melalui www.conferencealert.com.
“Bapak/ibu yang ingin menulis, jangan takut untuk ditolak. Karena saya pun juga tidak selalu lolos ketika submit paper. Yang pasti kita telah berani mencoba”

Sharing session berlangsung selama satu jam dengan berbagai diskusi dari narasumber dan peserta. “Melalui sharing session diharapkan pustakawan yang sudah berpengalaman dalam konferensi seperti Arda  dapat ditularkan kepada pustakawan FPPTMA lain sehingga pustakawan dapat mengembangkan diri melalui tulisan”, begitu pungkas Lasa HS saat menutup sesi Sharing Session tersebut.
Sesi selanjutnya yaitu Rapat Koordinasi yang dipimpin oleh ketua FPPTMA Korwil DIY-Jateng Selatan yaitu Jamzanah Wahyu Widayati, S.I.Pust., M.A. (kepala perpustakaan UMMagelang). Rapat tersebut membahas rencana anggota FPPTMA Korwil DIY-Jateng Selatan dalam membantu STTM Kebumen dalam hal pengadaan perangkat pendukung seperti komputer untuk memperlancar pengelolaan perpustakaan. Pengelola perpustakaan STTM Kebumen juga diharapkan dapat melakukan magang ke STIKES Gombong untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana pengelolaan perpustakaan agar lebih terstruktur. Rapat juga membahas tentang agenda selanjutnya yaitu kegiatan April 2019 di UM Purwokerto dan silaturahim ke STIE Muhammadiyah Cilacap.

Atin Istiarni

0 komentar:

Posting Komentar