Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 04 November 2018

Belajar dengan yang Muda dalam Kunjungan, Sharing Session, dan Rakor FPPTMA Korwil DIY Jatengsel


Kunjungan pengurus FPPTMA pusat dan pengurus FPPTMA Korwil DIY Jateng Selatan setelah dari ST Muhammadiyah kebumen adalah ke STIKES muhamamdiyah Gombong. Acara dilakukan pada hari Rabu, 24 Oktober 2018 pukul 11.30-16.00 WIB. Kegiatan berlangsung di lantai 3 Ruang Meeting 1 kampus Stikes Muhammadiyah Gombong.
Acara dimulai dengan solat duhur berjamaah, dilanjutkan dengan makan siang Bersama. Acara pembukaan dilakukan dengan “pengajian” yang disampaikan oleh Ketua LPPI. Setelah pengajian, sambutan oleh Ketua yang diwakili oleh wakilnya. Dalam sambutannya beliau berpesan agar pustakawan yang ibarat sebagai gula, yang ketika dicampur dengan aneka minuman, maka yang disebut adalah nama minumanya, bukan gulanya. Namun jika kebanyakan akan menjadikan penyakit, baru disebut itu penyakit gula. Pustakawan ibarat gula, maka pustakwan ada di mana-mana, dan memberi manfaat untuk semuanya.
Sambutan selanjutnya oleh Ketua FPPTMA, Drs. Lasa Hs, M.Si, beliau juga menyampaikan bahwa kita sebagai sesame saudara PTMA harus terus meningkatkan rasa peduli sesama Perpustakaan PTMA. Jaringan kerja sama baik secara fisik dan maya harus terus dilakukan, demi kemajuan Bersama.
Acara selanjutnya adalah sharing session tentang pemilihan tulisan dan ajang Call for paper oleh Pustakawan Berprestasi Kopertis V, yaitu Arda Putri Winata, MA. Mbak Arda yang sudah banyak berpengalaman lolos dalam berbagai ajang CFP baik local, nasional, dan internasional, menyampaikan berbagai hal agar lolos dalam CFP. Banyak pengalaman dia sampaikan. Tak kalah menarik dalam diskusi selanjutnya disampaikan oleh Pustakawan UM magelang, Atin istiarni, M.IP, yang juga sudah banyak berpengalaman dalam CFP seperti Mabk Arda. Berbagai pengalaman mereka sampaikan dalam sharing session tersebut. Kami sebagai keluarga besar FPPTMA ikut bangga punya pustakawan-pustakawan yang penuh dengan karya seperti merekea. Semoga hal ini bias menjadi motivasi bagi pustakawan di Peprustakaan PMA lainnya, untuk ikut berkarya nyata.
Acara terakhir adalah rapat koordinasi FPPTMA Korwil DIY Jateng Selatan, yang dipimpin oleh Djamzanah Wahyu, M.IP, sekaligus kepala Perpustakaan UM Magelang. Mbak Zanah menyampaikan bahwa rakor selanjutnya akan diadakan di bulan April 2019. Tempatnya di Peprustakaan UM Purwokerto dengan kunjungan ke STIE Muhammadiyah Cilacap. Dia juga menyampaikan bahwa edisi penulisan yang dimuat di Buletin Peprustakaan UM Magelang, sebagai program FPPTMA Korwil DIY Jatengsel sudah terlaksana. Untuk edisi selanjutnya akan dibagi sesuai dengan kondisi jumlah pustakwan di masing-masing PTMA DIY Jatengsel.  Hal ini berdasarkan pada data profil pustakawan yang sudah diperoleh sebelumnya.
Dalam rakor juga disampaikan laporan keuangan oleh Laila Niswatin, S.I.Pust, Pustakawan UMY sekaligus bendahara FPPTMA Korwil DIY Jatengsel. Demikian juga laporan keuangan secara umum dari FPPTMA Pusat, disampaikan oleh irkhamiyati, M.IP, selaku bendahara dan kepala Peprustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta/Unisa Yogya. Setelah semua acara berlangsung lancer dari awal sampai akhir, kemudian dilakukan kunjungan ke Peprustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong, dilanjutkan foto Bersama sebelum berpisah dan berpamitan. Dokumen SC dapa dilihat di: https://youtu.be/XsPJ1HQe570.





Oleh: Irkhamiyati

0 komentar:

Posting Komentar