Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 04 November 2018

Bukti Peduli antar Perpustakaan PTMA


Sesama Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah yang dalam satu persyarikatan serasa satu keluarga besar. Sepantasnya kami saling peduli satu dengan lainnya. Salah satu bentuk kepedulian kami adalah kunjungan dan hibah ke Perpustakaan STT Muhammadiyah Kebumen. Kunjungan dilakukan atas undangan dari Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/FPPTMA Korwil DIY Jateng Selatan. Rakor yang diagendakan setahun dua kali ini, sangat bermanfaat bagi semua Perpustakaan PTMA DIY Jateng Selatan. Kunjungan kali ini dilakukan ke Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah/STTM Kebumen pada hari Rabu, 24 Oktober 2018 pukul 10.00-11.30 WIB.
PTM ini termasuk PTM yang tergolong belum besar. Banyak keprihatinan ketika melihat kondisi riil di sana. Dari segi bangunan masih menggabung dengan Gedung PDM Kebumen. Dilihat dari ruangan dan sarana prasarana juga sangat sederhana. Sebagian aktivitas civitas akademika dilakukan di gedung lantai 2, baik itu ruang kelas, administrasi, peprustakaan, laboratorium, dll, yang luasnya sangat terbatas.
Jumlah total mahasiswanya adalah 30 orang untuk semua tingkat. Yang paling memprihatinkan lagi adalah jumlah mahasiswa baru tahun 2018 ini hanya tiga orang saja. Perpustakaan masih dikelola secara manual. Koleksi yang ada juga tidak banyak dan belum dikelola sesuai standar peprustakaan yang ada. Petugas yang mengelola juga masih seadanya. Dia berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir di STTM Kebumen, juga merangkap tenaga administrasinya.
Kondisi tersebut memotivasi seluruh anggota Perpustakaan PTMA Korwil DIY Jateng Selatan untuk bias membantu Peprustakaan STTM Kebumen. Hibah buku dilakukan oleh semua Perpustakaan PTMA Korwil DIY Jateng Selatan. Perpustakaan UMY menjadi peprustakaan yang paling banyak memberikan hibah buku ke STTM Kebumen. Pengurus juga merencanakan untuk memberikan hibah computer unyuk mendukung pengelolaan perpustakaan.
Kunjungan disambut oleh Ketua  STTM Kebumen, dosen, karyawan, dan mahasiswa. Mereka sangat menyambut kunjungan ini dan sangat berterima kasih atas hibah buku yang diberikan. Drs.Lasa Hs, M.Si, selaku ketua FPPTMA dalam sambutannya menyampaikan bahwa sesame PTMA harus saling membantu, karena kita adalah saudara kandung dalam persyarikatan. Hal ini sesuai dengan slogan FPPTMA “Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa”. Harapan dari kunjungan ini adalah agar sesame Perpustakaan PTMA dapat meningkatkan sinergi demi kemajuan Bersama. Dokumen SC dapat dilihat di:  https://youtu.be/RdJ-3qsCV3Q
Oleh: Irkhamiyati



0 komentar:

Posting Komentar