Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Kamis, 22 November 2018

Dakwah Online itu?


Judul Buku      : Dakwah Online  
Penulis Buku   : Fadil Ibnu Ahmad
Penerbit           : Mizania
Cetakan           : I, April 2014
Ketebalan        : 248
ISBN               : 978-602-9255-94-2


Berdakwah adalah salah satu kegiatan yang mulia seperti halnya dengan memberikan ilmu kepada orang lain dan memberikan pengaruh bagi perjuangannya dalam menegakkan agama rahmatan lil alamin.  Mereka yang berdakwah merupakan orang-orang yang bermanfaat karena dapat menginspirasi orang lain, meneladani para rasul serta menyeruh kepada yang ma’ruf dan mencegah orang lain dari perbuatan yang munkar.
Perkembangan teknologi saat ini seperti internet dan media online membuat kegiatan dakwah menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. Dalam buku yang berjudul Dakwah Online oleh Fadil Ibnu Ahmad, Fadil menjelaskan tentang berbagai macam sarana dakwah yang dapat dilakukan sehingga mereka yang ingin melakukan kegiatan mulia ini tidak harus berbicara di atas mimbar dalam satu waktu tertentu.
Fadil Ibnu Ahmad menjelaskan siapa saja bisa berdakwah tanpa harus menjadi salah satu lulusan pesantren, seseorang yang ingin berdakwah juga boleh melakukannya melalui berbagai media seperti buku, musik, syair dan gambar-gambar, semuanya dibolehkan asal sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah SAW.
Berdakwah secara online dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media online seperti facebook, twitter, website, blog dan media sosial lainnya. Berdakwah secara online di  internet tidak hanya dapat dibaca oleh orang dari berbagai penjuru dunia tetapi juga dapat menjangkau pembaca tanpa batasan dari ribuan hingga jutaan pembaca.
Menurut Fadil, berdakwah secara online dapat memberikan banyak manfaat, baik dari segi waktu, jangkauan pembaca atau pendengar hingga kemudahan berkomunikasi. Mereka yang berdakwah dengan media online bisa berkomunikasi dengan pembaca melalui fitur chat dan fitur komentar kapan saja, tentunya hal ini memberikan manfaat yang cukup besar daripada berdakwah di atas mimbar dalam waktu tertentu.
Melihat besarnya manfaat berdakwah secara online, dalam buku ini Fadil Ibnu Ahmad menjelaskan bagaimana tips-tipnya berdakwah dengan menggunakan teknologi internet, bagaimana caranya membuat konten-konten dakwah sehingga dapat dibaca oleh ribuan pembaca. Buku berdakwah secara online ini juga membahas tentang SEO (Search Engine Optimization), yaitu salah satu hal penting bagi website dan blog, selain dapat menaikan kualitas dan jumlah pengunjung SEO juga dapat membuat website atau blog berada di posisi teratas atau di halaman pertama pada mesin pencari, seperti Google atau Yahoo.
Selain membahas tentang metode berdakwah melalui media online, buku ini juga menjelaskan bagaimana caranya mengatasi rasa bosan, malas serta berbagai cara menghadapi rintangan ketika berdakwah. Penulis menjelaskan bahwa salah satu kunci dalam berdakwah adalah dengan terus membaca dan menulis sehingga ilmu yang dimiliki terus bertambah.

Yuliana R







0 komentar:

Posting Komentar