Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Jumat, 23 November 2018

Khadijah (Perempuam Teladan Sepanjang Masa)

Judul Buku      : Khadijah (Perempuam Teladan Sepanjang Masa)
Penulis Buku   : Ibrahim Muhammad Hasan Al- Jamal
Penerbit           : Mizania
Cetakan           : I, Mei 2015
Ketebalan        : 368
ISBN               : 978-602-1337-26-4

Khadijah adalah istri dari Nabi Muhammad Saw, seorang wanita yang memiliki beberapa gelar dan di hormati oleh kaumnya. Gelar yang disematkan kepada Khadijah adalah Al-Thahirah (perempuan suci), Sayyidah Nisa Quraisy (pemuka perempuan Quraisy), Ummul Mukmin (ibu orang-orang beriman) dan Sayyidah Nisa Al-Alamin (pemuka perempuan dunia).

Dalam buku yang berjudul Khadijah (Perempuan Teladan Sepanjang Masa), Ibrahim Muhammad Hasal Al-Jamal menceritakan bagaimana mulianya Khadijah, seorang wanita yang mempersembahkan semua yang dimilikinya di jalan Allah Swt, mengobarkan segala sesuatu yang berharga dan bernilai baginya. Khadijah juga merupakan sosok perempuan yang selalu membesarkan hati, membantu dan mendukung Rasulullah Saw.
Khadijah tumbuh besar di tempat Ummul Mukminin yaitu Kota Makkah Al-Mukarramah, terkenal akan kebaikan dan sifat dermawannya, jika Khadiah keluar rumah untuk berthawaf maka perempuan-perempuan Makkah lain akan mengikuti dan mengerumuninya. Khadijah juga tumbuh dengan sifat yang istimewa, tidak menyibukan diri dengan membicarakan orang lain dan memilih untuk merenung tentang rahasia yang ada di balik kehidupan di dunia.
Selain menceritakan tentang kepribadian Khadijah, buku ini juga menceritakan tentang kehidupan Khadijah sebelum menikah dengan Nabi Muhammad Saw, bagaimana Khadijah mendidik anak-anaknya dan bagaimana anak-anak Khadijah dari pernikahan sebelumnya begitu bahagia ketika hidup bersama Rasulullah Saw. Hindun salah satu putra Khadijah dari pernikahan keduanya bersama Abu Halah Al-Nabasy bahkan dengan bangga mengatakan bahwa dirinya sebagai anak tiri Rasulullah Saw.
Harta Khadijah yang berlimpah tidak pernah lupa dibagikannya kepada orang-orang miskin dan membutuhkan, bahkan wibawa dan kepribadian Khadijah membuat orang yang Khadijah sewa untuk bekerja selalu berperilaku jujur, amanah dan ikhlas. Salah satu putra dari saudara Khadijah, Hakim ibm Hizam juga sangat menyayangi Khadijah sebagai bibinya, meskipun Khadijah sering melarang Hakim ketika bersujud kepada berhala, tetapi itu tidak mengurangi rasa sayang Hakim terhadap Khadijah.
Setelah menceritakan secara lengkap tentang kehidupan Khadijah, buku ini juga menceritakan bagaimana Khadijah dan Nabi Muhammad Saw menikah, Khadijah mengetahui sifat-sifat Rasullah Saw dan selalu memikirkannya, dengan kepribadian nabi Muhammad yang rajin bekerja, cerdas dan kebaikannya dalam berprilaku membuat Khadijah tertarik dan ingin menikahinya.
Buku ini juga menceritakan tentang pernikahan Khadijah dan Muhammad Saw  yang penuh berkah, bagaimana Khadijah dan Rasullah saling mencintai dan bagaimana mereka memperlakukan budak-budaknya dengan penuh kasih sayang. Khadijah pun sangat menghormati Halimah yang mengasuh Muhammad Saw ketika ibunya meninggal dunia.
Membaca buku ini membuat kita dapat belajar bagaimana tauladannya sikap Khadijah dan Rasulullah Saw, bahkan buku in menceritakan bagaimana Khadijah berdakwah secara terang-terangan agar kaumnya dapat bersatu dalam naungan satu Tuhan, satu Rasul dan satu risalah yang dapat membuat mereka berbahagia di dunia dan di akhirat.
Khadijah senantiasa mengikuti Nabi Muhammad Saw bahkan meninggalkan seluruh harta kekayaannya dan mengikuti Rasullah Saw hidup di lembah, Khadijah menjalani hidup dengan kesabaran orang-orang mulia.

By: Niken Wahyu.







0 komentar:

Posting Komentar