Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 04 November 2018

Mendulang Hikmah “Ada Hikmah dalam Setiap Keadaan & Waktu”


Judul Buku      : Mendulang Hikmah “Ada Hikmah dalam Setiap Keadaan & Waktu”
Penulis Buku   : Abu Azka Fathin Mazayasyah
Penerbit           : Darul Hikmah
Cetakan           : IV, 2016

Ketebalann      : 348 hlm
ISBN               : 979-25-4572-7

Anak adalah investasi dunia akhirat yang dapat membawa keselamatan ataupun menjadi batu sandungan bagi orangtuanya ketika menghadap sang pencipta. Anak dapat membawa keselamatan apabila bisa menjadi anak yang saleh dan salihah dan semuanya bergantung dengan bagaimana caranya orangtua mengarahkan, membimbing dan membina anak-anaknya.
Buku yang ditulis oleh Abu Azka Fathin Mazayasyah dengan judul Mendulang Hikmah ini menjelaskan tentang bagaimana caranya orangtua mempersiapkan anak yang saleh dan salihah agar tidak tersesat, tergelincir dan terjerembab dalam kerusakan di muka bumi. Buku ini terbagi ke dalam 5 bagian dan bagian pertama menjelaskan tentang bagaimana belajar menghargai waktu. Perubahan waktu merupakan sebuah isyarat bahwa terjadi perubahan dalam hidup manusia, waktu tidak bisa diulang, terus bergerak serta senantiasa membawa ujian.
Bagian kedua dari buku Mendulang Hikmah ini menjelaskan tentang bagaimana caranya melemahkan nafsu, seperti membatasi pandangan mata agar tidak melihat sesuatu yang buruk, menjaga telinga dengan mendengarkan ayat-ayat Allah, mengendalikan gerak kaki dan tangan agar tidak melakukan perbuatan maksiat, menjaga kata-kata dan mendengarkan suara hati layaknya kompas yang dapat menuntun perjalanan menuju Al-Khaliq.
Selain mengajarkan tentang bagaimana caranya menghargai waktu, buku ini juga menuntun bagaimana caranya memanfaatkan waktu, karena semua yang bernyawa pada akhirnya pasti akan mati. Sehingga sebelum menghadapi kematian, sudah sepantasnya manusia memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, bertaubat dan memohon ampun, menunaikan amanah dan perintah-Nya, mencegah kerusakan, serta menyebar salam dan mencintai semua makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT.
Di bagian ke empat dalam buku ini, Abu Azka menjelaskan tentang bagaimana belajar menentukan keputusan, khususnya menentukan identitas diri yang sangat penting. Menegaskan posisi sebagai hamba Allah dan dapat memahami kelemahan diri sendiri. Pada buku ini juga dijelaskan bahwa di setiap pilihan akan ada konsekuensi dan belajar dari sebuah pilihan adalah sesuatu yang berguna untuk menentukan jalan hidup selanjutnya.
Pada akhir bagian dari buku ini, Abu Azka mengajak kita untuk merenung, mengingat sang pencipta dengan senantiasa berzikir, bersyukur dan tidak pernah putus asa. Buku ini juga mengajarkan kita sebagai manusia untuk saling memaafkan, tidak berlebihan dan selalu mendahulukan akhirat, karena apapun yang ditawarkan dunia sifatnya tidaklah kekal.



0 komentar:

Posting Komentar