Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Rabu, 05 Desember 2018

Seminar Nasional Sertifikasi Pustakawan


Rabu (5/12/2018) telah dilaksanakan Seminar Nasional Sertifikasi Pustakawan From A to Z & Rapat Kordinasi Pimpinan Nasional Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah Tahun 2018 yang diselengarakan di Aula Fachrudin Kampus E, Fakultas Ekonomi & Bisnis UHAMKA, oleh FPPTMA berkolaborasi dengan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. HAMKA  dengan tema “Sertifikasi Pustakawan From Ato Z”.

Acara dibuka langsung oleh Bapak Prof.Dr. H. Gunawan Suryoputro, M.Hum. selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA (UHAMKA). Rektor UHAMKA pada sambutanya menyinggung pentingnya sertifikasi bagi Pustakawan khususnya ditingkat Universitas. Risna Kemala Dewi, S.S selaku Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah UHAMKA juga memberikan tanggapan mengenai penting sertifikasi bagi Pustakawan yaitu Terlepas dari keadaaan pendidikan bagi pustakawan tersebut, kenyataan yang dihadapi pustakawan praktisi memang lebih berat karena harus berhadapan dengan stake holder di lingkungannya yang dapat disebut, masih "meragukan" keprofesionalan pustakawan. Masih saja banyak anggapan bahwa tugas mengelola dan melaksanakan perpustakaan dapat dilakukan oleh siapa saja. Seolahmengatakan : jika tugas yang ditampilkan kebanyakan pustakawan "hanya" seperti itu. Dengan kata lain dengan adanya sertifikasi Profesi, Pustakawan dapat menunjukan eksistensi serta kualitas kompetensi dilingkunganya masing-masing dengan kata lain Profesi Pustakawan tidak lagi dilihat sebelah mata.
 Acara tersebut dihadiri lebih dari 150 peserta terdiri dari berbagai macam profesi seperti  Pustakawan, Dosen, Mahasiswa dan Praktisi Informasi.  Seminar Nasional ini menghadirkan narasumber  serta praktisi diantaranya Dr.Lasa Harsana, M.Si (Ketua FPPTMA), Dr.Endang Ernawati, M.Lib,( Chief Librarian BINUS University) Indra Astuti, S.S, M.P.(Perpustakaan Nasional). [Reportase :Bintang Bela Adillah]

0 komentar:

Posting Komentar