Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 06 Januari 2019

Berakhlak (terpuji) sebelum Berilmu


Akhlak merupakan suatu tingkah laku yang mencerminkan diri kita. Akhlak dibagi menjadi dua yaitu terpuji dan tercela. Jika tingkah laku kita baik, sopan, maka hal itu menunjukkan budi pekerti kita baik. Hal itu termasuk dalam kelompok akhlah terpuji (Mahmudah).  Sedangkan ilmu merupakan pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode yang ilmiah yang dapat digunakan untuk menjelaskan dan menerangkan kondisi tertentu dalam bidang pengetahuan.

Lalu, manakah yang lebih utama antara akhlaq dan ilmu?
Jawabannya adalah lebih utama akhlaq dari pada ilmu. Hal ini bukan berarti orang yang berpendidikan tinggi, berpengatahuan luas akan dipandang rendah. Namun posisi tingkatan akhaq itu lebih baik dari pada ilmu. Namun, orang yang yang berakhlaq terpuji sudah jelas dia berilmu, dia mempunyai ilmu untuk berbuat baik. Sehingga tingkah lakunya akan mampu memberikan manfaat kebaikan.

Mengapa akhlaq terpuji lebih baik dari pada ilmu?
Akhlaq yang baik akan membawa ilmu yang dimiliki seseorang menuju hal positif, kemaslahatan, kebaikan dan bersifat konstruktif.Namun sebaliknya, jika orang yang berilmu tidak memiliki akhlaq yang baik, maka ilmu itu akan membawanya menuju jalan yang salah, dan mampu menjerumuskan dirinya ke hal negative, keburukan, dan destruktif.
Maka, letakkanlah akhlaq terpuji di atas ilmu agar ilmu yang dimiliki dapat memberikan manfaat yang baik bagi diri sendiri dan sekitarnya.
di musim politik ini hendaknya kita merenungkan sudahkah ilmu kita cukup atau bagaimana akhlak kita kepada sesama???
karna sejatinya ahlak karimah dapat mempererat persaudaraan sedangkan saling menghujat tentu mencerminkan bahwa ilmu kita patut dipertanyakan. 

Arda PW

0 komentar:

Posting Komentar