Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 27 Januari 2019

Pembuatan Modul Literasi Informasi

Dewasa ini informasi berkembang dengan pesat, sehingga dengan mudah dapat mendapatkatkan informasi tersebut di berbagai media. Baik melalui media cetak maupun digital. Akan tetapi tidak semua informasi yang ada di media tersebut dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sehingga sebagai akademisi harus dapat membedakan mana informasi yang valid/dapat dijadikan sebagai rujukan ataupun tidak.

Sehubungan dengan hal tersebut, mulai tahun 2013 Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mulai mengadakan kegiatan literasi informasi, yang diinisiasi oleh Novy Diana F. Kegiatan literasi informasi ini sangat masif di UMY, bahkan pesertanya tidak hanya mahasiswa saja melainkan dosen juga terlibat menjadi peserta pelatihan.

Dalam perkembangannya, TIM LiterasI Informasi telah membuat panduan sederhana terkait materi yang disampaikan, baik  dalam bentuk PPT maupun Ms.Word.  Tidak puas sampai disitu saja, Sabtu, 26 Januari 2019 TIM perpustakaan UMY kembali melakukan camp  di Hotel Saphire untuk menyempurnakan modul literasi informasi. Harapannya dengan adanya kegiatan camp tersebut modul dapat dibuat secara maksimal, sehingga memudahkan peserta pelatihan literasi informasi untuk memahawi materi yang disampaikan oleh Tutor.

Ada banyak materi yang dibuat dalam kegiatan tersebut, diantaranya :
  1. Modul pencarian sumber informasi
  2. Modul pemanfaatan ms word untuk penelitian
  3. Modul pemanfaatan aplikasi Mendeley
  4. Modul pemanfaatan aplikasi Zotero
  5. Modul pemanfaartan aplikasi Endnote
  6. Modul trik menghindari plagiasi
  7. Modul penggunaan aplikasi turnitin
  8. serta modul pelayanan Perpustakaan UMY



0 komentar:

Posting Komentar