Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Rabu, 30 Januari 2019

PERPUSTAKAAN UMS ADAKAN WORKSHOP PENULISAN BAGI PUSTAKAWAN

Rabu, 30 Januari 2019 Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berkolaborasi dengan FPPTMA Wilayah Jateng Utara menyelenggarakan Workshop Penulisan bagi Pustakawan. Workshop ini menghadirkan narasumber potensial yang sudah malang melintang dan berpengalaman di dunia penulisan. Narasumber pertama adalah Bapak Wiji Suwarno, S.PdI., S.IPI., M.Hum Kepala Perpustakaan IAIN Salatiga sekaligus Ketua FPPTI Jawa Tengah yang jumlah tulisannya sudah bertebaran baik dalam bentuk buku, artikel dalam jurnal maupun media massa. Sementara narasumber yang kedua adalah Atin Istiarni, SIP., MIP. Pustakawan muda Universitas Muhammadiyah Magelang yang sudah banyak lolos call for paper di seminar dan konferensi baik nasional maupun internasional. Selain itu tulisan-tulisannya juga sudah banyak dalam buku maupun surat kabar. 

Acara ini dibuka oleh Bapak Mustofa, S.E. selaku Kepala Perpustakaan UMS. Sedangkan peserta yang hadir selain para pustakawan UMS sendiri juga hadir para pustakawan PTMA wilayah Jateng Utara dan para pustakawan perguruan tinggi Negeri dan Swasta yang berada di wilayah Karesidenan Surakarta. Pada sesi pertama Pak Wiji memberikan materi tentang “Writing skill sebagai representasi perilaku ilmiah” Dalam materinya beliau menjelaskan bahwa kunci utama menulis itu adalah “Senang”. Hal-hal yang menghambat proses penulisan seperti malas, kebiasaan menunda-nunda, sibuk, takut salah, kurang percaya diri dll. harus dieliminasikan terlebih dahulu, Biarkanlah tulisan itu mengalir seperti air. Apabila terjadi kemacetan ide maka diperlukan kembali nafas segar dengan membaca kembali referensinya atau juga berdiskusi dengan teman. Pak Wiji juga memberikan tips dan trik memasukkan tulisan ke jurnal. 

Pada sesi kedua tampil mba Atin menyampaikan materinya tentang Knowledge Sharing: keterlibatan pustakawan dalam konferensi. Sama seperti pembicara sebelumnya mba Atin mengawali paparannya dengan beberapa keluhan pustakawan untuk keengganan menulis di antaranya adalah sulit menemukan ide, takut jelek, tidak percaya diri, takut dikomentari dsb. Dalam paparan selanjutnya beliau menyampaikan berbagai pengalamannya dalam menulis dan mencoba memasukkan tulisannya ke berbagai seminar, konferensi baik nasional maupun internasional. Beliau juga menyampaikan tentang manfaat menulis yang di antaranya adalah menebar manfaat, kepuasan batin, sumber inspirasi, menciptakan keabadian dan juga bisa jadi sumber rezeki baik moril maupun materiil. 

Pada kesempatan ini juga ditandatangani nota kerjasama antara Perpustakaan UMS dengan Perpustakaan IAIN Salatiga. Selain itu juga ditandatangani pembaharuan perjanjian kerjasama antara Perpustakaan UMS dengan Stikes Muhammadiyah Kendal, STIE Muhammadiyah Pekalongan dan Politeknik Muhammadiyah Pekalongan. Pada acara ini juga diserahkan secara simbolis hibah buku Perpustakaan UMS untuk Perpustakaan STIE Muhammadiyah Pekalongan dan Politeknik Muhammadiyah Pekalongan.

Maria Husnun Nisa

0 komentar:

Posting Komentar