Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Rabu, 16 Januari 2019

Shalat yang Ditolak

Shalat yang Ditolak

Pada suatu hari Nabi SAW menemui para sahabat, kemudian beliau bertanya “Wahai Manusia, Jauhilah Syirik yang tersembunyi”. Kemudian para sahabat bertanya, : Ya Rasulullah, Apakah syirik yang tersembunyi itu?”
Kemudian nabi SAW menjawab, “seseorang yang berdiri mengerjakan shalat. Dia mengerjekan shalatnya dengan sungguh-sungguh karena tahu ada orang yang melihatnya. Itulah syirik yant tersembunyi”.
Dari percakapan antara rasulullah saw dengan parasahabat dapat diambil peringatan buat kita semua dalam menjalankan ibadah shalat. Yaitu jangan menjalankan shalat dengan sungguh-sungguh hanya karena ada manusia yang melihatnya melainkan bukan karena Allah swt, karena hal itu termasuk jenis perbuatan syirik yang tersembunyi.
Dan syirik merupakan salah satu dosa besar karena telah menduakan Allah swt. Sebagaimana firman Allah dalam Surat al-Kahfi ayat 110 yang berbunyi:
Artinya:”katakanlah, bahwa aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku “bahwa sesungguhnya tuhan kamu itu adalah tuhan yang esa”. Barang siapa mengharap perjumpaan dengan tuhannya, maka hendaknya ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan dengan apapun dalam beribadat kepada tuhannya”.
Oleh sebab itu, kita harus menjalankan ibadah shalat ikhlas karena Allah swt bukan karena ingin di beri ”label” baik oleh manusia. Ingatlah bahwasanya Allah mengetahui apapun yang kita kerjakan, bahkan yang kita pikirkan sekalipun.
Jadi pelajaran yang dapat diambil dalam setiap hal yang kita kerjakan kuncinya adalah ikhlas lillahi ta’ala agar segala yang kita kerjakan mendapat pahala, ridlo, dan berkah dari Allah swt dan dapat dijauhkan dari segala macam bentuk syirik, sekeceil apapun syirik itu.
Arda P.W.

0 komentar:

Posting Komentar