Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Rabu, 06 Februari 2019

106 Tahun Muhammadiyah: Ta’awun Untuk Negeri BERUBAH UNTUK KEMAJUAN Tulisan 8 (Teori Lippits)


106 Tahun Muhammadiyah: Ta’awun Untuk Negeri BERUBAH UNTUK KEMAJUAN
  Tulisan 8    
 e. Memilih peran yang sesuai
            pada tahap ini, perlu adanya suatu pemilihan seorang pemimpin atau manajer yang ahli dan sesuai bidangnya. Manajer tersebut akan dapat memberikan masukan dan solusi terbaik dalam perubahan. Perubahan akan berhasil dengan baik apabila antara manajer dan staf memiliki komitmen yang tinggi, saling memahami, dan memiliki dedikasi tinggi.
f.Mempertahankan perubahan yang telah dimulai
            Sekali perubahan dimulai, maka harus dipertahankan dengan penuh komitmen. Komitmen adalah sikap menyesuaikan diri dengan mantap pada sasaran yang akan dicapai seseorang atau kelompok. Orang-orang yang memiliki komitmen tinggi itu akan kelihatan kinerjanya. Biasanya orang yang memiliki komitmen tinggi itu memiliki karakteristik:
1)      Mau berkorban untuk mencapai sasaran, profesi, maupun suatu bidang;
2)      Selalu mencari peluang, memanfaatkan peluang, mengembangkan peluang, bahkan berusaha menciptakan peluang’
3)      Merasa ada dorongan dalam dirinya untuk selalu berkembang dan meningkatkan prestasi.
g. Menjaga kesinambungan perubahan  
Selama proses perubahan, harus selalu diikuti perencanaan yang berkelanjutan.Hal ini dimaksudkan agar individu yang terlibat dalam perubahan ini memiliki tanggung jawab untuk melakukan perubahan terus menerus. Dalam hal ini pimpinan harus mampu menjadi konsultan perubahan dan secara aktif terus menerus terlibat dalam perubahan. Sebab kualitas suatu kegiatan itu antara lain dipengaruhi kontinuitasnya.
Perpustakaan sebagai sistem dan sumber ilmu pengetahuan akan berjalan baik apabila dikelola/manaj dengan manajemen yang prfesional, memiliki sumber daya manusia yang kompeten, dukungan lembaga, dan anggaran yang memadai. Dengan adanya manajemen yang baik, maka semua aktivitas perpustakaan akan mengarah pada upaya pencapaian tujuan dan seluruh elemen perpustakaan akan berusaha memfungsikan diri sesuai ketentuan perpustakaan. Maka manajemen berfungsi untuk mengatur aktivitas elemen perpustakaan. Oleh karena itu dalam proses manajemen perlu adanya perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, pengaturan sumber daya manusia, dan pengawasan.
Perpustakaan sebagai organisasi, memerlukan manajemen untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Dengan adanya manajemen ini seluruh komponen perpustakaan dapat diatur dan diarahkan untuk mencapai tujuan perpustakaan yang telah disepakati bersama.
Memang telah banyak penulis yang memberikan pengertian tentang manajemen perpustakaan. Sesuai perkembangan ilmu perpustakaan, maka penulis memberikan definisi manajeman perpustakaan adalah optimalisasi pemberdayaan sumber daya manusia dan sumber daya lain untuk mencapai tujuan perpustakaan secara efektif dan efisien melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, kepepemimpinan, penganggaran, dan pengawasan.
(Habis)

Lasa Hs



0 komentar:

Posting Komentar