Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 24 Februari 2019

BENCHMAKING PUSTAKAWAN UMY KE PERPUSTAKAAN UNDIP


Perpustakaan  UNDIP  dikenal memiliki reputasi tersendiri terutama dalam pengelolaan repositorI. Bertahun-tahun,  repositori  UNDIP bertengger di urutan nomor wahid, dan hanya beberapa tahun menduduki peringkat 3.
Pengelolaan repositori UNDIP telah dimulai sejak 2009 secara telaten, sabar, dan terus menerus. Demikian tutur Budi SIP         selaku Kepala Perpustakaan UNDIP  di depan pustakawan UMY yang berkunjung dan belajar ke sana tanggal 12 Februari 2019. Dijelaskan selanjutnya bahwa kini para mahasiswa meng upload sendiri skripsi, tesis, maupun disertasi mereka.
Dalam paparannya, dijelaskan bahwa UNDIP juga telah menerapkan cek similiaritas untuk skripsi, tesis, maupun disertasi calon lulusannya. Namun ketentuan tingkat minimal kesamaan tergantung pada kebijakan dosen, prodi, maupun fakultas masing-masing. 
            Dalam rangka meningkatkan kualitas penulisan ilmiah, Perpustakaan UNDIP tahun  2019  ini menganggarkan sekitar 9 milyar lebih untuk 11 database e-journal. Untuk itu telah ditetapkan dan sudah berjalan bahwa dalam penulisan karya akademik, mahasiswa harus mengacu dan mengutip sebagian besar jurnal internasional dalam tulisan mereka. Inilah kira-kira salah satu faktor yang memposisikan UNDIP masuk 10 besar perguruan tinggi terbaik Indonesia versi Kemenristekdikti tahun 2019 ini.  



Lasa Hs.

0 komentar:

Posting Komentar