Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 18 Agustus 2019

Pustakawan UMY Berhasil Meraih Juara 1 Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional

Dikutip dari laman pustakawan.perpusnas.go.id bahwa Pemilihan pustakawan berprestasi merupakan ajang lomba bagi para pustakawan baik negeri maupun swasta untuk memperebutkan juara 1 s.d harapan 3 pustakawan berprestasi tingkat nasional. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pustakawan dari 34 provinsi di Indonesia dari berbagai jenis perpustakaan. Secara berjenjang mereka diseleksi di tingkat instansinya, kemudian di tingkat propinsi baru kemudian diutus untuk mewakili propinsinya di tingkat pusat. Kegiatan ini bertujuan untuk: (1) Memberi penghargaan kepada para Pustakawan yang berprestasi terbaik. (2) Mengembangkan profesionalisme Pustakawan Indonesia. (3) Meningkatkan motivasi, inovasi dan etos kerja Pustakawan. (4) Menambah dan berbagi pengetahuan, keterampilan dan wawasan di antara para peserta. (5) Mendorong terjalinnya jaringan kerjasama jasa informasi perpustakaan yang kuat di antara para peserta. (6) Mewujudkan citra Pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan.

16 Agustus 2019 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dikejutkan dengan kabar yang menggemberikan, bahkan tidak hanya UMY saja, melainkan seluruh Warga DIY pada umunya. Kabar tersebut adalah wakil DIY berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi Pemilihan Pustkawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019. Wakil DIY tersebut yaitu Arda Putri Winata yang tidak lain merupakan seorang Pustakawan yang bertugas di UMY.

Tidak mudah untuk meraih prestasi tersebut. Karena untuk bisa maju di tingkat nasional, ia harus mengikuti serangkaian ujian pada tingkat daerah yang dalam hal ini adalah DIY. Di DIY ia berhaisl meraih juara 1, maka kemudian ia dikirim untuk maju di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI.

Tiga hari ia mengikuti serangkain ujian yang diselenggarakan di Jakarta, yaitu mulai tanggal 13 sampai 15 Agustus 2019. Ada beberapa kriteria yang dinilai, diantaranya :

  1. Portofolio
  2. Tes Kognitif
  3. Wawancara
  4. Presentasi

Dari berbagai ujian tersebut, ia berhasil unggul dari rekan – rekannya dengan memperoleh nilai sebesar 1.812,86. Dengan demikian ia dinobatkan sebagai Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional tahun 2019

0 komentar:

Posting Komentar