Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 22 September 2019

MANAJEMEN STRATEGIS



                                        Tulisan - 2

Apabila diperhatikan secara seksama, fungsi dan kegiatan berbagai macam manajemen itu hampir sama.  Dalam manajemen strategis ini fungsi manajemen dibuat sederhana yakni ; perencanaan strategis, implementasi, dan evaluasi. Tentunya dalam pelaksanaan ketiga fungsi ini memerlukan kepemimpinan, penganggaran, pelaporan, koordinasi, dan lainnya.
a.Perencanaan strategis
Untuk mencapai tujuan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek diperlukan perencanaan strategis. Perencanaan strategis merupakan pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa (Handoko, 1993: 78 dalam Lasa Hs, 2001: 18)
Perencanaan merupakan tindakan awal untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal untuk dikelola sedemikian rupa sebagai dasar pembuatan keputusan yang strategis.
Perencanaan strategis ini penting untuk dibuat. Sebab perencanaan ini merupakan langkah yang mendasari dan mendahului fungsi-fungsi manajemen yang lain. Perencanaan yang baik akan memberikan arah kegiatan, menjadi standar kerja, memberikan kerangka pemersatu, dan membantu memperkirakan peluang.
b.Implementasi
Implementasi merupakan realisasi dan pelaksanaan keputusan dan kebijaksanaan yang telah diputuskan bersama yang dalam pelaksanaannya banyak kendala. Oleh karena itu sebelum pelaksanaan kegiatan perlu dipersiapkan sumber daya manusia, anggaran yang memadai, sistem yang akan digunakan, dan media/peralatan yang diperlukan, serta perlu diantisipasi faktor-faktor nonteknis.
Keberhasilan implementasi keputusan strategis sangat dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain; kemampuan organisasi/perpustakaan, alokasi sumber daya , komitmen terhadap strategi, dukungan administrasi dan kepemimpinan.Di samping itu perlu disadari bahwa keberhasilan perpustakaan juga dipengaruhi sejauh mana kemampuan perpustakaan untuk mengembangkan kompetensi perpustakaan.



c.Evaluasi 
Implementasi dan evaluasi strategis merupakan dua komponen penting dalam manajemen strategis. Proses implementasi dan evaluasi ini akan efektif apabila ditunjang oleh tujuan dan standar perpustakaan yang jelas. Dalam hal ini Baseman (1989) menyatakan bahwa seluruh fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengawasan, pengorganisasian, komunikasi dan inovasi dapat diterapkan pada proses implemenasi dan evaluasi
Selesai

Lasa Hs











0 komentar:

Posting Komentar