Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Minggu, 10 November 2019

PERPUSTAKAAN dan PENELITIAN Tulisan – 3 Peran Perpustakaan




b. Penyedia jasa penelusuran
            Perpustakaan sebagai lembaga informasi menyelenggarakan bermacam-macam pelayanan informasi seperti sirkulasi, referensi, terjemahan, literasi informasi, dan penelusuran literatur. Melalui jasa ini, peneliti dapat memperoleh berbagai informasi, data, maupun literatur terkait dengan tema penelitian mereka. Untuk itu mereka perlu melakukan studi literatur primer, dan literatur sekunder. Dari literatur primer  ini, para penelitian  memroleh data asli serta pemikiran awal dari ilmuwan lain.
c. Pendokumentasi hasil penelitian
            Setelah selesai proses penelitian, biasanya peneliti diwajibkan untuk menulis laporan penelitian. Laporan ini biasanya diserahkan kepada penyandang dana sebagai bentuk tanggung jawab atas dana yang diberikan. Mereka jarang menyerahkan hasil laporan ini ke perpustakaan terkait.
            Sebenarnya perpustakaan bisa menampung, mengolah, mendokumentasikan, bahkan mensosialisasikan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Dengan demikian hasil penelitian ini akan memiliki makna lebih luas.
d. Penyebar hasil penelitian
            Andaikata para peneliti menyadari pentingnya hasil penelitian itu diketahui masyarakat luas, maka mereka akan menyerahkan hasil penelitian mereka ke perpustakaan. Pada umumnya para peneliti kurang menyadari betapa besar peran perpustakaan dalam ikut serta mensosialisasikan hasil penelitian itu.
            Apabila semua hasil penelitian diserahkan ke perpustakaan terkait, maka perpustakaan itu akan mengelolanya secara profesional. Maka akan terjadi sistem transformasi keilmuan yang baik. Dengan adanya kerjasama yang baik antara perpustakaan dan lembaga penelitian dan masyarakat pemustaka, maka akan terjadi harmonisasi antar fungsional yang fungsional peneliti, fungsional peneliti, guru, maupun dosen.
            Perpustakaan akan mampu berperan aktif sebagai pengumpul, pengolah, pendokumentasian, dan penyebar hasil-hasil penelitian apabila:
1).Memiliki sistem kelola hasil-hasil penelitian yang standar;
2).Memiliki sumberdaya manusia yang kompeten;
3).Memiliki sarana teknologi informasi yang memadai
4) Terdapat ketentuan penyerahan hasil-hasil penelitian ke perpustakaan terkait.
            Penelitian merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam proses penelitian ini, belum optimal pemanfaatan perpustakaan oleh para peneliti. Padahal antara kegiatan    penelitian dan kegiatan penelitian terdapat unsur timbal balik yang saling membutuhkan.
            Proses penelitian akan berjalan baik apabila ditunjang dengan proses kajian pustaka dan jasa perpustakaan. Setelah selesai penelitian, maka hasil-hasil penelitian itu akan diolah,  didokumentasikan,  dan disosialisasikan oleh perpustakaan agar memiliki nilai tambah.
Habis

Lasa Hs.

0 komentar:

Posting Komentar