Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Kamis, 27 Februari 2020

MENJAGA KESEHATAN : Tulisan – 2


        
Agar orang tetap sehat, beberapa pakar kesehatan menganjurkan untuk menkonsumsi gizi yang cukup, olah raga yang cukup, jiwa yang tenang, dan menjauhkan diri dari berbagai pengaruh yang menjadikannya kena penyakit (rohani & jasmani). Badan Kesehatan Dunia World Health Organization/WHO memberi batasan tentang sehat adalah sesuatu keadaan jasmaniah, rohaniah, dan sosial yang baik, tidak hanya tidak berpenyakit atau cacat. Definisi ini pada tahun 1984 ditambah dengan agama (religion). Dengan demikian sehat itu meliputi bio-psiko-sosio-spiritual. Oleh karena itu seseorang dapat dikatakan sehat yang sesungguhnya apabila tubuh/jasmaninya tidak berpenyakit, mentalnya yang baik,kehidupan sosial yang baik, dan pelaksanaan agamanya juga baik.
Dalam menjaga kesehatan ini, Ibnul Qayyim al-Jauziyyah (wafat 1350M) salah seorang ulama terenal, dalam bukunya yang berjudul Al Thibb al-Nabawi  membagi cara pencegahan menurut Nabi Muhammad saw menjadi 3 (tiga) kategori yakni obat alami, obat Ilahy, dan gabungan diantara keduanya (Departemen Agama RI, 2003: 24). Sedangkan al-Dzahabi dalam bukunya yang berjudul al-Thibb al Nabawi  menyatakan bahwa inti ilmu pengetahuan Nabi Muhammad saw adalah perpaduan kesehatan pada diri seseorang yang meliputi aspek spiritual, psikologis, fisik, dan moral.
Berkaitan dengan penjagaan kesehatan ini, Rasulullah saw menegaskan bahwa pada dasarnya obat itu ada dua dalam sabdanya yang artinya:” Berobatlah kamu sekalian dengan 2 (dua) macam penyembuhan yakni madu dan Al-Quran (H.R. Ibnu Majah).
          Dari sisi akurasi pernyataan Nabi Muhammad saw ini, para ahli kesehatan sepakat tentang khasiat madu bagi kesehatan  fisik saja, sedangkan Al-Quran menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah menjadi obat berbagai jenis penyakit jasmani dan rohani, duniawi dan ukhrawi dengan mengamalkan tuntunan-tuntunannya (Departemen Agama RI, 2003: 25).
          Rasulullah Muhammad saw adalah  orang yang patut menjadi teladan dalam menjaga kesehatan. Dari berbagai sumber dapat dirumuskan tentang cara-cara Nabi Muhammad saw dalam menjaga kesehatan antara lain dengan menjaga pola makan minum, menjalankan puasa, menjaga keseimbangan, minum madu, menggunakan air bersih, minum air susu murni, makan buah kurma, pengobatan, dan olah raga.

Bersambung

(Lasa Hs)