Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

Jumat, 14 Februari 2020

MOTIVASI dan PRESTASI : Tulisan – 1




Motivasi sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Dengan motivasi tinggi, orang akan bergairah dalam hidup dan kehidupan mereka. Sebaliknya, orang yang motivasinya rendah, maka seolah-olah hidup ini kurang menggairahkan.    
Orang-orang yang memiliki motivasi tinggi ingin selalu berprestasi. Mereka memacu dirinya sendiri untuk berkompetisi, berusaha menjadi yang terdepan, menjadi yang pertama dalam bidang tertentu. Upaya pencapaian ini disebut dengan achievement motivation atau need for achievement.
          Motif berprestasi ini merupakan dorongan untuk menyelesaikan kesukaran dan berusaha untuk melebihi prestasi orang lain. Oleh karena itu motif beprestasi ini dapat dipahami sebagai motif yang mendorong individu untuk mencapai kesuksesan. Kesuksesan tidak harus diukur dengan prestasi orang lain, tetapi bisa juga diukur dengan prestasi sendiri sebagai ukuran keunggulan (standard of excelence).
          Disamping itu, dengan motivasi tinggi orang akan terdorong untuk memiliki keberanian meskipun tadinya takut. Sekedar contoh adalah pada masa Nabi Muhammad saw terjadi Perang Badr. Pada saat itu umat Islam mendapat kemenangan melawan orang kafir. Padahal saat itu jumlah pasukan muslim hanya sekitar 300 orang. Sedangkan pasukan kafir terdiri dari sekitar 1.000 orang. Berkat pertolongan Allah dan motivasi perang tinggi (membela agama Allah) perang tersebut dimenangkan umat Islam.
Sebaliknya dalam perang Uhud, umat Islam menderita kekalahan. Hal ini disebabkan karena sebagian kelompok orang Islam tidak mengindahkan perintah Rasulullah saw dan motivasi mereka berperang karena mencari materi, bukan untuk Allah.  Dalam perang Uhud ini gugurlah Hamzah (paman Rasulullah saw) dan beberapa sahabat dan dimakamkan di Gunung (Jabal) Uhud.Makam ini disebut makam Syuhada’ Uhud. Makam dan medan Uhud sampai kini menjadi tempat ziarah para jama’ah haji dan umrah.
Bersambung

Lasa Hs

0 komentar:

Posting Komentar