Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Minggu, 22 Maret 2020

MENJAGA KESEIMBANGAN Tulisan – 1



Kadang orang terlalu semangat dalam melakukan aktivitas. Bagi mereka, bekerja keras dan mencapai keberhasilan itu merupakan prestasi tersendiiri dalam hidup. Dalam melakukan kegiatan ini kadang orang tidak memikirkan makan minum, bahkan kurang istirahat. Saking sibuknya, lalu capai dan sakit lantaran makan minum tidak teratur.
          Islam sebenarnya mengajarkan keseimbangan hidup antara lain dengan cara tidur cukup, istirahat cukup, makan minum bergizi, disamping ibadah  kepada Allah swt, dan beramal saleh. Keteraturan tidur dan berjaga harus dipenuhi agar terjaga kesehatannya. Dari sisi lain, Islam melarang membebani badan melebihi kemampuannya, seperti begadang sepanjang malam dan membiarkan perut tak terisi makakan dan menimuan berhari-hari lamanya.
          Disamping itu perlu dipahami bahwa berlebihan dalam makan minum kadang mendatangkan kesengsaraan. Perut harus dijaga kesehatannya. Sebab sebagian besar penyakit (rohani dan jasmani) itu berasal dan berpusat pada perut dan sekitarnya. Sebagai stasiun pertama, perutlah sebagai tempat makanan dan minuman disimpan dan diproses yang kadang menimbulkan penderitaan. Oleh karena itu apabila perut itu sehat, maka insyaa Allah akan baik akibatnya pada seluruh tubuh. Sebaliknya, apabila perut itu berpenyakit, maka hal ini akan memengaruhi sistem kerja alat jasad yang lain (Ramali, 1951: 253).
          Di satu sisi, perlu dipahami bahwa saluran pencernaan seperti lambung itu memiliki sifat sensitif terhadap perubahan yang tidak wajar pada saluran ini. Ketidakteraturan makan dalam waktu dan jenis makanan dapat berpengaruh pada kondisi saluran pencernakan dan kesehatan tubuh pada umumnya. Maka ada benarnya bahwa perut itu bisa menjadi sumber segala penyakit (rohani dan jasmani).
          Makan berlebihan juga membahayakan tubuh seseorang. Menurut para ahli kesehatan, bahwa makan terlalu banyak yang melebihi kebutuhan tubuh akan membahayakan. Bahkan akan memunculkan berbagai macam penyakit. Tubuh akan merubah makanan yang berlebihan itu ke dalam lemak. Badan yang berat akan membebani jantung sehingga menghalangi peredaran darah. Hal ini akan berakibat terganggunya fungsi alat-alat tubuh sehingga dapat menimbulkan penyakit ginjal, darah tinggi, pendarahan di otak, penyakit gula, dan lainnya.
         
Bersambung

Lasa Hs