Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Selasa, 17 Maret 2020

MENJAGA POLA MAKAN MINUM : Tulisan - 1



          Sebagaimana dipahami bahwa makanan dan minuman merupakan unsur penting dalam menjaga kesehatan. Kemudian makanan dan minuman dalam Islam disyaratkan makanan dan minman yang halalan thayyiban (halal dan kualitas/baik). Hal ini sebagaimana difirmankan Allah swt dalam Q.S. Al Baqarah : 168) yang artinya:” Wahai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi”. Pengertian makanan minuman yang halal dalam hal ini dapat dilihat dari 4 (empat) aspek, yakni: aspek zat, sifat, cara memperoleh, dan akibat yang ditimbulkannya apabila mengkonsumsinya. Kemudian pengertian thayyiban berarti makanan yang baik dan bergizi. Makanan inipun juga harus dilihat dari kebersihan, rasa, cara penyajiannya, cara memerolehnya, dan cara mengkonsumsinya.
          Islam sangat menjaga kebersihan dan kesehatan makanan dan minuman antara lain dari segi memperolehnya. Apabila cara memperolehnya dengan cara yang tidak halal seperti merampok, mencuri, berbuat bohong, korupsi, manipulasi, memalsu tanda tangan, memalsu ijazah, dan lainnya. Maka cara-cara ini tidak dibenarkan oleh Islam.
          Demikian pula keharaman makanan dan minuman dapat dilihat dari jenisnya seperti anjing, babi, ular, kalajengking, darah, minuman keras. Maka tak heran bangsa atau orang yang makan babi, ular, tikus, kalajengking , codot, sangat mudah kena penyakit, apalagi apabila binatang-binatang yang menjijikkan itu dimakan mentah dengan saos misalnya. Maka kita bisa menyaksikan sendiri akibat mengkonsumsi makanan yang diharamkan.  Oleh karena itu perlu kita renungkan peringatan Rasulullah swt dalam sabdanya :”Setiap tubuh yang tumbuh dari makanan/minuman yang haram, maka nerakalah yang layak baginya” (H.R.Turmudzi). Oleh karena itu, dalam mengkonsumsi makanan dan minuman harus berhati-hati, sesuai kebutuhan, dan tidak berlebihan. Sesuatu yang berlebih-lebihan itu akibatnya tidak baik. Firman Allah swt dalam Q.S. Al A”raf: 31 yang artinya: Makanlah dan minumlah kamu sekalian dan jangan berlebihan, sesungguhnya Allah swt itu tidak menyukai orang-orang yang berlebihan”.
Bersambung

Lasa Hs