Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Senin, 15 Juni 2020

MENYANYI DI DEPAN BUNG KARNO


Setelah Muktamar Muhammadiyah di Bandung, hubungan Bung Karno dengan Muhammadiyah menjadi lebih dekat. Pada suatu saat, Muhammadiyah diundang oleh Bung Karno untuk menghadiri suatu jamuan di Istana Merdeka. Kebetulan Pak AR termasuk salah seorang yang diikutsertakan.
Dalam jamuan itu yang diundang bermacam-macam kalangan, ada tokoh militer, tokoh partai, pengusaha, ulama, juga bintang film, dan penyanyi.
          Ketika sampai kelompok ulama, tiba-tiba Bung Karno menunjuk Pak AR. Karena tidak siap, Pak AR menolak. Tetapi Bung Karno terus mendesak dan akhirnya Pak AR terpaksa maju untuk menyanyi. Dalam kesempatan ini Pak AR menyanyi :”Eling-eling sira menungsa, temenana anggonmu ngaji. Mumpung durung katekanan malaikat juru pati”. dan seterusnya (wahai manusia bersungguh-sungguhlah kamu dalam mengaji (membaca dan memelajari Al Quran), mumpung belum kedatangan malaikat pencabut nyawa) dan seterusnya.
          Tentu saja para peserta tertawa ngakak semua termasuk Bung Karno. Komentar Drs. Asnawi (dari Wonokromo) “Wah ketanggor wong Bleberan”.  
                         
Drs. Lasa Hs., M.Si