Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Jumat, 24 Juli 2020

Bibliobattle; Media Promosi Perpustakaan




Di era adaptasi kebiasaan baru ini , Perpustakaan UMY untuk pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan Bibliobattle tanggal 25 Juli 2020 secara daring. Acara ini menampilkan tiga presenter yang dipilih yang kebetulan dari dosen-dosen Fakultas Pendidikan Bahasa UMY. Mereka adalah Roojil Fadilah, Lc, MPd.I dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab,  Azizia Freda, M.P.d dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, dan Fitria Rahmawati, S.Pd., M.Hum dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Bibliobattle sebenarnya merupakan pengembangan diskusi atau bedah buku yang dikemas dalam bentuk permainan yang dipertandingkan. Bibliobattle ini dapat dilakukan antara lain dengan cara:
Pertama, beberapa buku (fiksi atau non fiksi) dipresentasikan oleh beberapa presenter lalu dilanjutkan tanya jawab. Setelah itu dilakukan pooling pemilihan buku terbaik. Kedua, beberapa presenter mempresentasikan isi buku yang menarik seperti novel, drama, politik dll. Kemudian dilakukan tanya jawab. Setelah itu dilakukan pooling mana presenter yang paling baik.
Dalam bibliobattle yang diselenggarakan Perpustakaan UMY kali ini  terpilih sebagai presenter terbaik  adalah Ibu Fitria Rahmawati, S.Pd., M.Hum.
Penyelenggaraan bibliobattle oleh perpustakaan ternyata mampu meningkatkan jumlah kunjungan (daring maupun fisik). Li dan Mao  (2015) dalam artikelnya menyatakan bahwa kegiatan bibliobattle di Jepang tahun 2010 – 2013 mampu meningkatkan kunjungan dan minat perpustakaan yang tinggi. Sementara itu Galih Panuntun dan Margareta Aulia Rachman telah melakukan penelitian bibliobattle di Perpustakaan Kemensos RI. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa memang ada perbedaan jumlah pengunjung sebelum dan setelah dilakukan bibliobattle. Sebelum dilakukan bibliobattle pengunung perpustakaan itu sebanyak 828 orang dan setelah diselenggarakan bibliobattle jumlah pengunjung naik menjadi 955 orang. Maklum perpustakaan tersebut adalah perpustakaan khusus yang pengunjungnya terbatas.
Banyak fungsi dan manfaat dari kegiatan bibliobattle antara lain:
1 Sebagai strategi promosi perpustakaan dalam product, price, promotion, dan
   place
2 Sebagai sarana interaksi dengan masyarakat umum
3 Meningkatkan pemanfaatan library resources
4 Sebagai media kolaborasi antara pendidik (dosen, guru,) dan mahasis/siswa

Lasa Hs