Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Selasa, 07 Juli 2020

Fungsi Aplikasi Google Analytics dan SimilarWeb untuk Perpustakaan

Mengetahui jumlah pengunjung website perpustakaan merupakan hal yang sangat penting,  hal tersebut dapat digunakan untuk acuan dalam promosi perpustakaan, peningkatan optimasi SEO dan lain sebagainya. Tidak hanya jumlah pengunjung, sebuah Perpustakaan juga penting untuk mengetahui kata kunci apa saja yang sering digunakan oleh pengunjung untuk mengakses website perpustakaan, hal tersebut digunakan untuk acuan dalam memenuhi kebutuhan informasi. Bahkan, perpustakaan juga perlu mengetahui kira-kira berapa menit pengunjung betah membaca artikel di website perpustakaan, hal tersebut menjadi indikator apakah website perpustakaan tersebut berkualitas atau tidak. 

Tidak hanya itu saja, perpustakaan juga penting mengetahui kira-kira yang mengakses website perpustakaan itu banyak yang menggunakan komputer atau justru banyak yang menggunakan handphone. Kenapa itu penting?. hal tersebut digunakan untuk indikator dalam proses pengembangan interface website agar tampilannya responsive.  

Untuk itu, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui hal tersebut, diantaranya yaitu aplikasi Google Analityc dan Aplikasi SimilarWeb. Bagaimana implementasi keduanya? akan dibahas pada tulisna berikutnya