Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Sabtu, 04 Juli 2020

MENGENAL PENDIRI FSPPTMA


     

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah/FPPTMA sejatinya dulu bernama Forum Silaturrahmi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah/PSPPTMA. Pendiri FSPPTMA sebenarnya adalah Bapak Drs. Sobari, MM (saat itu Kepala Perpustakaan UM Malang dan dosen Fak. Ekonomi UM Malang)  dan Ir. Gatot Supangkat, MP  (sekarang doktor, saat itu Kepala Perpustakaan UMY  dan dosen Fak.Pertanian UMY).
          Sejarah perlu ditulis dan kebenaran harus ditegakkan. Untuk itu perlu kita catat dan kenali  salah satu pendiri FSPPTMA yang kini mejadi FPPTMA yakni Drs. Sobari, MM.
Beliau yang dosen Fak. Ekonomi UM Malang itu ditugaskan sebagai Kepala Perpustakaan UM Malang sejak Maret 2003. Pria yang suka mancing ini, sewaktu menjadi siswa SMA bercita-cita untuk menjadi polisi. Namun cita-cita ini belum kesampaian. Kemudian beliau melanjutkan studi di Pendidikan Guru Sekolah Lanjutan Pertama (PGSLP) dan setelah lulus, beliau menjadi guru di SMP Muhammadiyah Borobudur. Kemudian beliau menjadi tenaga kependidikan Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Lalu pada tahun 1978 beliau diangkat sebagai  dosen Fakultas Ekonomi  Universitas Muhammadiyah Malang.
          Bapak empat putra ini memang sejak remaja senang berorganisasi. Ketika sekolah di Magelang, beliau telah aktif di Ikatan Palajar Muhammadiyah/IPM dan ketika menjadi mahasiswa, beliau masuk anggota Himpunan Mahasiswa Islam/HMI.
Ketika beliau mendapat amanah sebagai Kepala Perpustakaan UM Malang, banyak terobosan yang dilakukakannya antara lain; mendirikan American Corner (kerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat), kerjasama dengan Asia Foundation. Saat itu telah ada keinginan untuk membuat jaringan kerjasama sesama Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah maka bersama Ir. Gatot Supangkat MP (Kepala Perpustakaan UMY) dibentuklah Forum Silaturrahmi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah/FSPPTMA. Perubahan FSPPTMA menjadi FPPTMA disepakati dalam Munas III di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Keinginan lain yang saat itu belum terwujud adalah terbentuknya Islamic atau Muhammadiyah Corner.
(sumber Warta PTMA edisi 5 Tahun XVII 2005: 24).