Pada tulisan sebelumnya telah dijelaskan bagaimana fungsi google analytics untuk perpustakaan. Lalu bagaimana penerapannya?. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu perpustakaan harus mempunya email gmail (harus gmail). Kenapa harus gmail?. Karena google analytic merupakan produk google sehingga emailnya pun diharuskan dari google, yaitu gmail.
Beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menerapkan/mengimplementasikan Google analytics yaitu sebagai berikut :
- Akses ke website resmi google analytics pada alamat https://analytics.google.com/analytics/web/#/
- Kemudian login dengan email gmail
- Klik mulai mengukur
- Pada kolom nama akun, isikan nama perpustakaan anda
- Kemudian klik berikutnya
- Klik berikutnya lagi
- Pada kolom nama situs isikan nama website perpustakaan anda, misalnya website perpustakaan UMY
- Pada kolom URL situs isikan alamat website perpustakaan anda
- Kemudian klik buat
- Lalu centak chekbox (persetujuan persyaratan), kemudian klik saya setuju
- Kemudian klik simpan
- Setelah itu, aka ada script yang harus ditempel pada website perpustakaan anda, jika kebetulan anda tidak mempunyai hak akses ke hosting/server website, maka script tersebut anda berikan kepada staff IT kampus untuk kemudian ditempel pada website perpustakaan.
Setelah script tersebut ditempel di website perpustakaan, maka google akan mendeteksi berapa pengunjung website, baik pengunjung unik atau hanya sekedar page view, lokasi pengunjung, kata kunci yang digunakan oleh pengunjung dalam mengakses website perpustakaan, berapa lama kira2 pengunjung mengakses website perpustakaan kita dll.
Terkait bagaimana cara mendeteksi hal di atas, akan dibahas pada tulisan berikutnya
0 Komentar