Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Senin, 24 Agustus 2020

KASMAN; Seorang Nasionalis Tulen

 

           KASMAN; Seorang Nasionalis Tulen

 

Judul                   : Nasionalis Tulen Singa Podium; Kasman Singodimedjo

                     Pemikiran dan Pergerakan

Editor         : Gunawan Budiyanto, Achmad Nurmandi, Hasse Jubba,

                      Mega Hidayati, Dyah Mutarin

Penerbit     : Yogyakarta: JKSG & Program Doktor Politik Islam –

                     Ilmu Politik UMY, 2020

ISBN          : 978-602-73900-8-9

Tebal          : 290 halaman

 

Ketika mendengar namanya, orang berasumsi bahwa seorang Kasman Singodimedjo itu berperawakan tinggi, besar, dan gagah. Ternyata perawakannya kecil,  ketika beliau bicara, suranya memang menggetarkan . Maka pantas disebut singa podium. Ayahnya bernama Singodimedjo seorang modin (muadzin) yang bertugas mengurusi keagamaan dan sosial di desa seperti mengurusi orang sakit, mengurusi orang meninggal, dan kenduri.

Kasman yang kelahiran Kalirejo Bagelen Purworejo itu adalah pribadi yang kuat, tegas, dan diplomat ulung. Aktivis Muhammadiyah dan Masyumi ini memiliki andil besar dalam merumuskan dasar negara RI. Beliaulah yang melakukan lobi politik pada Ki Bagus Hadikusumo (wakil Muhammadiyah) yang akan mempertahankan pendapatnya tentang tujuh kata dalam Piagam Jakarta itu.

Buku terbitan Program Doktor Politik Islam – Ilmu Politik UMY ini merupakan kumpulan artikel yang menyajikan langkah, perjuangan, sepak terjang, dan pemikiran Kasman Singodimedjo yang ditinjau dari berbagai aspek.

Zuly Qadir menguraikan Kasman, Islam dan Pancasila. Faisal Ismail memandang Kasman dari perspektif Islam dan Kebangsaan. Penulis-penulis Suhartono Wiryopranoto, Sri Margana, Siti Utami Dewi Ningrum, Mu’arif, David Effendi, Abdul Munir Mulkan memandang Kasman dari kacamata politik dan Kebangsaan. Sementara itu, Aisyah yang tokoh Aisyiyah itu menguraikan pemikiran Islam tentang Perempuan dan Rumah Tangga.

Tokoh teladan ini juga dikomentari oleh Menteri Polhukam RI, Mohammad Mahfud MD yang menyatakan :”Kasman Singodimedjo adalah seorang tokoh teladan bangsa yang bisa mengintegrasikan pengabdiannya kepada bangsa dan negara ke dalam pengabdiannya kepada agama yang dianutnya. Kasman Singodimedjo adalah pengamal bahwa agama dan Pancasila bisa harmonis dan bersinergi baik dalam ide maupun dalam praktik. Kita perlu mengajari generasi penerus umat Islam dan bangsa Indonesia untuk berguru kepada Kasman Singodimedjo”.

 

Lasa Hs.