Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Senin, 05 Oktober 2020

MENGASAH KEPERCAYAAN DIRI

 

Orang yang ikhlas menerima keadaan yang dialami merupakan perbuatan mulia. Ia akan tulus ikhlas (lila legawa) menerima keadaan seburuk apapun. Dengan ketulusan hati akan tumbuh rasa percaya diri karena adanya kesadaran bahwa semua itu harus dijalani dan yakin bahwa di balik semua itu pasti ada hikmahnya.

Rasa percaya diri yang tinggi akan memacu seseorang untuk mencapai keberhasilan. Dengan kekuatan tersebut, seseorang akan memiliki keberanian untuk melangkah. Tentunya langkah tersebut harus diikuti dengan keuletan, kerja keras, kejujuran, disiplin dan mau belajar dari pengalaman dan belajar dari orang lain.

Betapa banyak orang mampu mencapai keberhasilan lantaran memiliki sikap ikhlas dan sabar dalam menerima penderitaan dan kegagalan. Dengan berusaha keras mengatasi kekurangan diri dan mencari peluang untuk mengasah diri dengan segala kemampuan, akhirnya mereka menjadi orang yang berhasil dalam mengarungi kerasnya kehidupan ini.

Keberhasilan seseorang selain harus memiliki rasa percaya diri, juga perlu adanya courage atau keberanian. Yakni keberanian bertindak dan siap menerima resiko apapun yang akan terjadi. Secara sederhana orang yang berani bertindak mengubah keadaan, berarti telah mendapat nilai plus.

Berani berbuat menunjukkan adanya keinginan mengubah menjadi lebih baik. Berbeda halnya dengan orang yang bersikap diam menunggu perubahan. Diam itu tidak akan merubah. Orang yang membeo tidak akan pernah bertindak dan selalu takut berbeda pendapat dengan orang lain.

 

                                                                                                Lasa Hs