Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Rabu, 14 Oktober 2020

MUSIBAH KADANG MEMBAWA HIKMAH

 

 

Judul               : New Normal Innovations; Adaptasi Perpustakaan PTMA

Editor              : Lasa Hs., Nuryatman; Arda Putri Winata

Penerbit           : Yogyakarta: Gramasurya & MPI PP.Muhammadiyah, Oktober 2020

Tebal               : 183 hlm

ISBN               : 978 623 7993 15 – 5

 

Kehadiran musibah kadang membuat resah. Namun di balik itu, musibah kadang mengandung hikmah. Hal ini tergantung bagaimana kita menyikapinya. Dalam hal ini. Covid-19 telah merubah berbagai aspek kehidupan manusia , menunda perencanaan, dan bisa menumbuhkan inovasi baru.

Era adaptasi kebiasan baru (new normal ) telah menumbuhkan kreativitas dan inovasi baru. Maka merebaklah webinar pembahasan kepustakawaan akhir-akhir ini. Mungkin sekali hasil webinar itu tidak terdokumentasikan sehingga begitu selesai webinar, lenyaplah sudah  informasi itu.

Pustakawan yang tergabung dalam Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah- ‘Aisyiyah /FPPTMA berinisiatif dan kompak menuliskan pengalaman dan pemikiran mereka tentang pengelolaan dan pelayanan perpustakaan di era Pandemi ini. Langkah ini merupakan kemajuan dalam pengelolaan perpustakaan PTMA. Perpustakaan merupakan pilar teramat penting bagi eksistensi dan kemajuan perguruan tinggi kata Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D selaku Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dalam kata pengantarnya. Dikatakannya bahwa kualitas perpustakaan PTMA yang berjumlah 163 (per September 2020) ini mungkin masih jauh dari perpustakaan kelas dunia. Namun kita tidak boleh berhenti berusaha karena konteks Indonesia juga masih jauh tertinggal dari Pendidikan Tinggi di luar negeri yang memang usianya sudah ratusan tahun.

       Namun demikian, diakui oleh Prof. Dr.H. Abdul Mu’ti,M.Ed selaku Sekretaris Umum PP. Muhammadiyah bahwa  kini telah ada beberapa Perpustakaan PTMA yang mulai menggeliat dan bergiat melakukan inovasi untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat keunggulan. Buku ini menjelaskan bagaimana semangat dan geliat itu.

Sementara itu Dr. Ir. Sukamta, MT., IPM selaku Wakil Rektor Bidang Akademi UMY dan sekaligus sebagai Ketua Satgas Covid-19 UMY menjelaskan bahwa layanan Perpustakaan UMY telah diselenggarakan sesuai Protokol Kesehatan/PROKES yang telah ditentukan. Pelayanan perpustakaan sesuai PROKES tersebut untuk memberikan kenyamanan, jaminan kesehatan dan keamanan bersama.

       Semoga buku yang ditulis oleh 15 (lima belas) pustakawan PTMA ini mampu memberikan wawasan , pengalaman, dan motivasi   kepada pengelola perpustakaan lain di era Pandemi ini.

Mudah-mudahan buku ini disusul dengan penerbitan buku berikutnya dengan tema yang inspiratif.

 

Lasa Hs.