Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Minggu, 01 November 2020

IMPLEMENTASI AL-MA’UN KEPUSTAKAWANAN PTMA

 

  Salah satu manfaat organisasi adalah perlunya kerjasama dan saling membantu. Di dunia kepustakawanan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah/PTMA ditanamkan bahwa sesama perpustakaan  PTMA adalah saudara kandung. Yakni saudara seayah (Muhammadiyah) dan seibu (‘Aisyiyah). Oleh karena itu perpustakaan yang kuat (tenaga, anggaran, koleksi, sarana prasarana, sistem ) diharapkan membantu perpustakaan PTMA yang lemah. Pola yang ditanamkan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah/FPPTMA ini mendapat respon yang bagus dari beberapa Perpustakaan yang besar. Beberapa waktu lalu, Perpustakaan UMS membantu buku-buku ke perpustakaan PTMA di wilayahnya. Beberapa waktu lalu perpustakaan yang tergabung pada FPPTMA DIY Jateng secara patungan membantu koleksi pada Perpustakaan STIE Muhammadiyah Cilacap, Perpustakaan  STT Muhammadiyah Kebumen, dan Perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong.

            Di era Pandemi ini, Perpustakaan UMY menyelenggarakan kegiatan pencacahan/stock opname. Buku dan jurnal hasil pencacahan itu lalu disumbangkan ke beberapa perpustakaan PTMA. Diantara perpustakaan yang dibantu adalah Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan/UMPP, Perpustakaan Politeknik Muhammadiyah Tegal, Perpustakaan STIKES Muhammadiyah Tegal, Perpustakaan  STIMIK Muhammadiyah Paguyangan Brebes, Perpustakaan STIE Muhammadiyah Cilacap, Perpustakaan STIE Ahmad Dahlan Lamongan, dan Perpustakaan STT Muhammadiyah Kebumen.

            Semoga langkah ini diikuti oleh perpustakaan PTMA yang lain sebagai bentuk implementasi Al-Ma’un dalam dunia perpustakaan PTMA. Dimana yang kuat perlu membantu yang lemah.   

 

Lasa Hs.