Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Jumat, 13 November 2020

KERJASAMA

 

                                                KERJASAMA

             Kerjasama merupakan kekuatan untuk menuju kemenangan dan keberhasilan. Orang kuat belum tentu menang. Orang lemah bisa menang apabila mampu bekerjasama. Kata orang bahwa pemenang (the winner) selalu berpikir kerjasama. Sedangkan si kalah (the losser) selalu berpikir bagaimana ia menjadi orang hebat sendirian.

Seekor kucing kurus kering kerontang, secara sendirian sulit mengalahkan rubah, serigala, dan beruang. Namun melalui  kerjasama dengan harimau, maka sang kucing mampu mengalahkan binatang buas itu.

            Suatu sore yang cerah duduklah seekor kucing kurus di pantai sendirian. Dari kejauhan datang seekor rubah besar yang menuju ke tempat kucing santai itu. Setelah dekat, rubahpun akan menerkam dan memangsanya. Kucingpun sempat menghindar. Sebagai makhluk yang lemah, kucing masih punya harga diri dan percaya diri dan tidak menyerah begitu saja. Malah kucing itu lantang menantang dan berkata :”Kalau kamu berani, ayo kita berkelahi di dalam lubang sebelah itu. Nanti yang kalah menjadi santapan yang menang. Saya yakin bahwa sayalah yang akan menang”. Rubah jantan pun rupanya tidak mau kehilangan muka dan menjawab tantangan itu dan berkata :”Dimanapun jadi, masak kucing sekurus kamu itu akan mampu mengalahkan rubah yang besar ini. Tidak ada cerita bahwa rubah kalah dari kucing”.

           Kemudian kucing dan rubah jantan itu masuk ke lubang yang memang sudah disiapkan oleh kucing bekerjasama dengan harimau. Tidak begitu lama, kucing keluar dari lubang dengan membawa paha rubah dan melahapnya.

            Kucing kurus itu kembali bersantai setelah menikmati daging rubah yang empuk itu. Tiba-tiba datanglah seekor serigala yang akan memangsanya. Kucing itupun lalu berkata :”Kalau kamu memang berani dengan saya yang kecil ini, ayo kita bertanding di lubang sebelah itu. Nanti siapa yang kalah akan menjadi santapan yang menang”. Serigala merasa dilecehkan oleh seekor kucing dan menjawab tantangan kucing itu “Okelah, mari kita berkelahi di manapun jadi. Masak kucing akan menang dengan serigala”. Merekapun masuk ke lubang yang tidak jauh dari tempat itu. Kira-kira seperempat jam, kucingpun keluar dengan menggenggam paha serigala dan melahapnya dengan nikmat.

            Seusai makan daging serigala itu, kucingpun kembali bersantai di pantai yang mulai remang-reman itu. Kali ini kucing kekenyangan itu merebahkan diri di atas pasir. Sesaat kemudian datanglah seekor beruang besar dan akan menerkamnya. Lagi-lagi kucing itu mampu menghindar dan berkata kepada beruang. “Kalau kamu memang berani dengan saya, ayo kita berkelahi di lubang sana”. Serigala itupun malu kalau tidak melayani tantangan itu. Serigala menjawab :”Ayo lah, dimanapun akan saya lakukan untuk membunuh kamu yang kurus kering itu “. Masak ada kucing bisa mengalahkan serigala”.

            Serigala dan kucing itu masuk ke lubang tadi. Kira-kira dua puluh lima menit, kucing itu keluar dengan membawa paha serigala dan melahapnya meskipun tadi sudah makan dua paha. Haripun semakin senja, di ufuk barat nampak berkas sinar matahari kemerah-merahan sebagai tanda sebentar lagi masuk waktu maghrib. Saat itulah, keluarlah harimau besar dari lubang. Sambil menguap, harimau berkata kepada kucing :”Hari ini kita sukses berkat kerjasama yang baik. Kitapun sudah keyang dan tak perlu lagi mengejar-ngejar mangsa “.

            Kita tahu bahwa kucing adalah maklhluk lemah yang tidak mungkin mampu mengalahkan rubah, serigala, dan beruang. Dengan adanya kerjasama dengan pihak yang kuat akhirnya toh mampu mengatasi kesulitan dan mampu memeroleh keberhasilan.

            Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah/FPPTMA merupakan wadah kerjasama antarperpustakaan PTMA yang terus menerus perlu meingkatkan kerjasama. Dimana yang kuat harus membantu yang lemah (koleksi, anggaran, sistem, sarana prasarana, dll). Sebaliknya, perpustakaan PTMA yang merasa lemah kiranya tidak perlu malu atau sungkan untuk minta bantuan kepada yang lebih kuat. Kalau perlu bisa melibatkan pimpinan PTMA untuk mendukung kerjasama ini untuk mewujudkan Perpustakaan PTMA sebagai Pusat Unggulan.

 

Lasa Hs.