Bersama Mencapai Keunggulan Informasi Untuk Memajukan Bangsa

MOMEN

Jumat, 20 November 2020

Pustakawan UNISA Yogya Magang seputar Webinar

 


Pustakawan UNISA Yogya Magang seputar Webinar

Oleh: Irkhamiyati, M.IP.

 

Jumat, 20 November 2020, Pustakawan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta melakukan magang ke Perpustakaan UMY. Bp.Lasa Hs, Kepala Perpustakaan UMY menyambut sangat baik kedatangan Pustakawan UNISA Yogya. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sesama Pustakawan Perguruan Tinggi Muhamamdiyah ‘Aisyiyah terlebih karena sudah berada dalam satu wadah FPPTMA (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhamamdiyah ‘Aisyiyah) harus saling bersinergi dan terus berbagi serta saling menguatkan. 

Tujuan magang kali ini adalah untuk mendapatkan tambahan ilmu tetntang penyelenggaraan webinar atau sejenisnya. Pandemi Covid 19 telah membuat percepatan penggunakan TI di semua sektor, termasuk perpustakaan yang harus menyikapinya dengan cepat, tepat, dan pintar. Oleh karena itu, Perpustakaan UNISA memandang penting untuk mengikuti magang ini. Pemberi materi dalam magang adalah Eko Kurniawan, MA,. Beliau menyampaikan banyak hal mulai dari persiapan webinar, bagaimana saat pelaksanaan, dan berbagai hal kelengkapannya. Banyak hal menjadi tambahan pengetahuan dan keterampilan bagi Pustakawan UNISA Yogyakarta setelah magang ini, sekaligus sebagai realisasi kerja sama antar perpustakaan.

Bertempat di Lantai 2 Gedung D Perpustakaan UMY, pelaksanaan magang terasa sangat cepat karena materinya sangat menarik, dan didukung oleh ruang dan suasana yang menunjang. Pustakawan UMY lainnya yang ikut berkenan untuk sharing yaitu Arda Putri Winata, MA, Pustakawan berprestasi Nasional 2020, dan Novy Diana Fauzi, MA. Kepala Perpustakaan UNISA Yogyakarta, Irkhamiyati, M.IP. yang memimpin kegiatan magang ini merasa sangat berterima kasih karena Perpustakaan UMY selalu terbuka, ringan, dan sangat bersahabat dalam setiap menyambut tamunya. Hal itu tak lain sebagai wujud ta’awun bagi sesama, sebagai salah satu pesan pendiri persyarikatan. Dengan adanya magang ini, semoga lebih memberi tambahan ilmu bagi Pustakawan UNISA Yogyakarta, terlebih yang akan mengadakan Workshop “Pernak-Pernik Sukses meneylenggarakan Webinar”. Selain itu juga sebagai persiapan Perpustakaan UNISA Yogyakarta yang akan mengadakan Bedah Buku NEW NORMAL INNOVATIONS: ADAPTASI PERPUSTAKAAN DI MASA PANDEMIbekerja sama dengan FPPTMA. Buku tersebut merupakan buku terbaru karangan para Pustakawan PTMA, yang akan dikupas tuntas besuk pada tanggal 5 Desember 2020. (Irkham& Agung)