KEMAS ULANG INFORMASI

 



         

          Judul        : Kemas Ulang Informasi; Konsep dan Praktiknya di Bidang Kepustakawanan

          Penulis        : Wahid Nashihuddin dan Tupan

          Penerbit      :  ISIPII Yogyakarta, Januari 2021

          ISBN        :  978-623-93178-3-6

                     Tebal          :  102 hlm

 

Layanan kemas ulang informasi masih jarang diselenggarakan oleh perpustakaan. Hal ini disebabkan keterbatasan pengetahuan para pustakawan.

Memang sudah ada beberapa perpustakaan terutama perpustakaan khusus atau perpustakaan penelitian  yang telah menyelenggarakan layanan ini. Sebab layanan ini memang diperlukan oleh para peneliti.

            Kemas ulang informasi (information repackaging) merupakan bentuk layanan yang dimulai dari pengumpulan materi perpustakaan dari berbagai bentuk dan sumber lalu disajikan dalam bentuk lain. Melalui kemas ulang ini, peminat bidang akan mendapatkan informasi ilmiah, relevan, dan komprehensif dengan cara yang efektif efisien.

            Buku karya Wahid Nashihuddin dan Tupan (keduanya pustakawan LIPI) menyajikan teori dan aplikasi kemas ulang informasi. Disini keduanya menyajikan produk kemas ulang berupa drama, lagu, story telling, audio visual, transmisi oral, puisi, dan pathfinder.

            Tema yang diangkat ini semoga menjadi pendorong pustakawan untuk melakukan kreatifitas dan inovasi pelayanan perpustakaan di era pandemi Covid-19 ini.

            Kami merasa bahagia dan bangga dengan munculnya pustakawan muda yang berkesadaran profesi untuk menulis. Merekalah yang akan memegang estafet keberlanjutan kepustakawanan di negeri ini melalui  perekaman dan pendokumentasian ilmu perpustakaan, dokumentasi, dan informasi.

            Dengan penerbitan buku ini, diharapkan mampu menggugah kesadaran pustakawan lain terutama para senior pegiat literasi untuk menulis buku.

Abadikan ilmu dan nama melalui penulisan buku. Maka jangan tidur sebelum membaca dan jangan mati  sebelum menulis buku.

 

                                                                                                            Lasa Hs

0 Komentar