RAMADHAN KARIIM : KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN ( 1 )


 


Terdapat beberapa keutamaan bulan Ramadhan antara lain:

 

1.Diturunkan Al Quran

 

      Firman Allah Swt yang artinya :”(beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil) (Q.S. Al Baqarah : 185).

      Mengomentari ayat tersebut, Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar juz 1,2,3: 345-346) menyatakan bahwa mula turunnya Al Quran yang mengandung 114 surah terdiri atas 6.236 ayat itu ialah dalam bulan Ramadhan. Mengenai tanggal dan harinya memang ada perbedaan pendapat, namun tidak ada perbedaan pendapat tentang permulaan turunnya Al Quran di bulan Ramadhan.

      Kemudian dalam kitab Al Mizan fi Tafsir Al Quran juz 2 : 13 dijelaskan bahwa turunnya al Quran yang dimaksud adalah turun ke langit dunia lalu diturunkan kepada Rasulullah Muhammad Saw.

       Pendapat ini dikuatkan oleh Sayyid Qutub dalam Tafsir Fi Dhilalil Quran juz 1: 81. Beliau menyatakan bahwa permulaan Al Quran itu diturunkan pada bulan Ramadhan, bahkan sebagian besar turunnya Al Quran di bulan Ramadhan. Yakni kitab yang berupa petunjuk bagi manusia dan mengeluarkan manusia dari dunia kegelapan ke dunia terang benderang.  

                                                                     Lasa Hs

0 Komentar