Aku Berani Bermimpi Besar

 


Judul                           : Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar:

Sebuah Kisah Perjuangan yang Sangat Menggugah, dari Mahasiswa Berkantong Pas-Pasan Hingga Bisa Meraih Penghasilan 1 Juta Dolar di Uisa 26 Tahun!

Penulis                         : Alberthine Endah

Penerbit                       : PT Gramedia Pustaka Utama

Tempat terbit               : Jakarta

Tahun terbit                 : Cetakan Ke-5, Februari 2012

ISBN                           : 978-979-22-7481-3

Jumlah halaman           : 362 halaman

Peresensi                     : Irkhamiyati, M.IP.*

 

Seorang Merry Riana, yaitu dobel makna kebahagiaan. Dia gadis yang dinantikan kelahirannya oleh orang tua tercita dengan nama Babtis Merry yang senada artinya yaitu bahagia. Kehidupan bersama keluarga dialami sangat baik dan bahagia hingga dia mau lulus SMA. Cita-citanya untuk bisa kuliah di Universitas Trisakti Jakarta gagal, setelah terjadinya kerusuhan Reformasi Mei 1998. Keluarganya yang termasuk keturuan Tionghoa ikut terancam. Demi keselamatan, keamanan, dan masa depan, mereka harus menentukan pilihan. Keadaan yang biasanya dijalani dengan mulus kini harus berbalik tajam. Merry harus menerima tawaran orang tuanya untuk berpindah haluan melanjutkan kuliah di Nanyang Techological University (NTU) jurusan Electronics Engineering pada tahun 1998. Bagi sebagian orang itu merupakan sebuah kebanggaaan bisa kuliah di NTU. Namun bagi Merry Riana itu adalah sebuah awal perjuangan. Berbekal tekad dan semangat yang kuat dan pinjaman dari Bank Singapura yang dapat dibayar setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan, maka Merry memantabkan langkah kakinya belajar ke Singapura.

Berbagai kesulitan dirasakan pada tahun-tahun pertama kuliah. Kebisaan makan mie instan untuk mengganjal perut, minum air dari kran kampus, bahkan makan 2 helai roti tawar di dalam toilet demi menghindari dilihat teman-teman kampus sering dia lakukan. Semua itu demi mencukupkan uang saku seminggu yang sebenarnya tidak cukup untuk makan seminggu.  Semenjak bertemu degan teman dari Indonesia yang agak bernasib sama, semangat Merry makin berkobar. Karna ia tidak ingin hanya mengandalkan uang kiriman dari orang tuanya, Merry pun mencari penghasilan dengan bekerja, mulai dari membagikan brosur di jalan sampai menjaga toko roti, toko bunga, serta menjadi pelayan di hotel pun sudah ia lakukan. Meski saat itu gaji yang diterimanya pun tidak seberapa, namu semangatnya untuk merubah nasibnya yang semakin membaik. Ia menyadari tidak akan ada perubahan pada hidupnya, jika dia tidak mau berusaha. Merry pun mencoba merubah hidupnya dengan mengejar mimpinya. “Saya membuat resolusi ketika ulang tahun ke-20. Saya harus mempunyai kebebasan financial sebelum usia 30 tahun. Dengan kata lain, harus menjadi orang sukses” ujar Merry.

Berbagai usaha lain Merry lakukan untuk memulai bisnisnya. Merry memulai mencoba mengikuti berbagai seminar bisnis serta bergabung dalam organisasi mahasiswa yang berhubungan dengan bisnis. Setelahnya Merry memulai bisnisnya dari bisnis MLM sampai mencoba bermain saham , walaupun pada akhirnya ia mengalami kegagalan Merry tak  pernah menyerah. Ia meneruskan usahanya, dan beruntungnya ia memiliki partner yang setia memberikan semangat serta motivasi, yaitu Alva yang kelak menjadi suaminya.

Setelah lulus dari NTU, Merry dan Alva bertunangan dan bertekad meraih sukses dalam bisnis di Singapura.Tak sia-sia, pada akhirnya Merry berhasil mendapatkan penghasilan finansial satu juta dolar dan menjadi miliader muda. Merry juga terus mengembangkan bisnisnya yang bernama “Merry Riana Organization” (MRO) di Singapura, serta  meraih beberapa penghargaan diantaranya Star Club President, Top Rookie Consultant of The Year Award, Top Manager of The Year Award dan Agency Development Award.

Semenjak saat itu Merry menjadi wanita sukses yang sangat menginspirasi banyak orang. Jurus-jurus sukses menurut Merry, yaitu: 1) siapapun berhak sukses, 2) jangan pernah takut gagal, 3) berusahalah menjadi berbeda, 4) jeli dalam mengamati konsep kerja, 5) menghargai proses dan lihatlah hasilnya, 6) kebebasab fianansial-visi yang jelas, 7) disiplin adalah sebuah keharusan, 8) miliki passion, 9) peka pada peluang, 10) berhemat dan menabung dan 11) kekuatan iman.

Merry Riana yang kehidupannya sangat menginspirasi siapa saja. Wajahnya yang cantik dan energik makin mempesona. Kehidupannya yang tidak mudah dan penuh rintangan dan pantang menyerah menjadikannya sebagai seorang enterpreneur dan motivator yang sangat menginspirasi banyak orang berkat keberaniannya bermimpi. Quote yang pantas kita jadikan panutan adalah: “Dalam kondisi yang sulit kita tetap bisa mendapatkan peluang. Kita harus optimis dan tidak mnyerah pada keadaan. Kepekaan itu juga harus tajam sehingga kita bisa mengatur langkah-langkah yang berpotensi menguntungkan, di tengah situasi apapun”.

Buku ini sangat meninspiratif, enak dibaca sebab menggunkan bahasa yang mudah dicerna. Deskripsi setting latar juga detail membuat pembaca soalah olah berada dalam buku tersebut. Banyak kalimat yang sangat memotivasi dan turut terpompa semangatnya setelah membaca buku ini. Namun jumlah halamannya cukup tebal dengan beberapa isi yang terkesan sama cerita, bisa membuat mood pembaca menurut karena bosan. Buku sangat bagus bagus dibaca siapa saja, karena memiliki pesan moral untuk tetap bersemangat, janganpantang menyerah demi mencapai mimpi.

 

·         *Penulis adalah Kepala Perpustakaan UNISA Yogyakarta

 

0 Komentar