PERPUSTAKAAN UMS MENJADI TUAN RUMAH WEBINAR INTERNASIONAL DAN PELANTIKAN PENGURUS FPPTMA 2021-2025

            Pada hari Rabu, 3 Juni 2021 Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerjasama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah (FPPTMA) dan didukung oleh Springer Nature telah menyelenggarakan webinar internasional dengan tajuk “Optimizing Library Networking During The Covid Pandemic and The Inauguration of the Management of Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah (FPPTMA) for the 2021 - 2025 Period" yang diikuti lebih dari 250 partisipan baik dari dalam maupun  luar negeri.

Rangkaian acara diawali dengan pelantikan pengurus pusat FPPTMA periode 2021-2025 oleh Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah. Pembacaan sumpah oleh Ketua FPPTMA periode 2021-2025, Ibu Irkhamiati, S.IP, MIP diikuti oleh seluruh pengurus pusat FPPTMA dan koordinator wilayah dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.

Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah yang diwakili oleh Bapak Nurhadi, Ph.D menyampaikan tentang peran strategis Perpustakaan dalam menghadapi keterlimpahan informasi digital. Selanjutnya sambutan dari Ibu Irkhamiyati, S.IP, MIP yang menekankan tentang Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) dalam membangun dan mengembangkan Perpustakaan di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan para pemustaka. Acara dilanjutkan dengan sambutan Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si sekaligus membuka Webinar secara resmi. Dalam sambutannya, Rektor UMS menyebutkan bahwa Perpustakaan merupakan jantung dari Perguruan Tinggi sehingga kualitasnya harus terus ditingkatkan.

Webinar dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Carol L. Mitchell, Ph.D dari Library Of Congress, dan dimoderatori oleh pustakawan senior Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Novy Diana Fauzie, S.S., M.A.

DR. Carol Mitchell menjelaskan tentang bagaimana kiat-kiat Perpustakaan merespon pandemic Covid-19 dengan jejaring baik secara internal maupun dengan pihak eksternal dengan memaksimalkan infrastruktur dan sarana penunjang lain guna mempermudah akses para pemustaka darimanapun dan kapanpun.

Webinar ini juga menampilkan dua orang pembicara spesial lainnya, yaitu Puan Hj. Zaharah Abd. Samad, Chief of Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) Library dan Drs. Lasa Hs, M.Si, Kepala Perpustakaan UMY yang juga menjabat sebagai Dewan Penasehat FPPTMA periode 2021-2025. Sesi ini dimoderatori oleh Pustakawan Muda UMS, Mansur Hidayat, S.IIP.

Puan Hj. Zaharah Abd. Samad menyampaikan tentang seluk beluk UTHM Library dan juga strategi dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang dilanjutkan dengan pemaparan Drs. Lasa Hs, M.Si tentang pengembangan jaringan Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah serta menekankan pentingnya Kerjasama Perpustakaan dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Webinar ini diharapkan dapat menambah wawasan dan informasi kepada para peserta yang mayoritas merupakan penyelenggara layanan Perpustakaan khususnya dalam mengantisipasi dan merespon kebutuhan informasi para pemustaka terutama selama pandemi Covid-19.

Para peserta juga menyampaikan bahwa perlu diadakan webinar dengan bahasan yang serupa guna meningkatkan dan menghidupkan Perpustakaan, terlebih dimasa pandemi seperti saat ini.

Salam sehat, salam literasi.(Mansur Hidayat- Pustakawan UMS)


0 Komentar