SDM dan PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN Tulisan – 2


Sumber daya manusia merupakan sumberdaya yang bergerak. Sedangkan sumberdaya lain merupakan benda mati. Oleh karena itu sumberdaya manusia dapat dikembangkan dan ditingkatkan kemampuannya yang hasilnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan kinerja perpustakaan.

Di satu sisi, sumber daya manusia tidak bisa  diberlakukan sebagai mesin produksi. Sebab sumberdaya ini memiliki berbagai keinginan yang harus diperlakukan sesuai martabat kemanusiannya. Sebab sumber daya manusia ini memiliki potensi yang:

1.   Mampu menggerakkan sumber daya lain

Sumber daya manusia adalah sumber daya yang hidup, menghidupi, dan menghidupkan. Dengan kata lain sumber daya ini adalah sumber daya yang bergerak dan menggerakkan. Sedangkan sumber daya lain seperti koleksi, anggaran, sarana prasarana, dan teknologi merupakan sumber daya yang bisa diubah, dikurangi, dan dikembangkan oleh sumber daya manusia.

2.   Dapat dikembangkan dan ditingkatkan terus menerus

Sumber daya manusia merupakan makhluk hidup yang bisa dikembangkan terus menerus secara berjenjang dan berkelanjutan. Pengembangan yang optimal sesuai kemampuan masing-masing. Pengembangan ini akan memiliki dampak yang signifikan terhadap pengembangan perpustakaan.

Dengan ilmu, ketrampilan, dan kompetensi yang dimiliki sumber daya manusia perpustakaan akan mendorong percepatan pengembangan perpustakaan asal didukung oleh manajemen yang profesional.

3.   Mampu menciptakan keunggulan yang kompetitif

Dengan sumber daya manusia yang handal akan dapat diraih keunggulan perpustakaan secara totalitas. Sebab masyarakat akan yakin pada kinerja dan layanan perpustakaan antara lain diketahui bahwa perpustakaan itu dikelola oleh sumberdaya manusia yang unggul dengan berbagai prestasi dan produktivitas. Maka disinilah pentingnya pustakawan mengikuti kompetisi pustakwan berprestasi, lomba penulisan, berorganisasi, menjadi redaktur, tim penilai, dan lainnya. Sebab kegiatan seperti ini akan mengasah kemampuan seseorang untuk menjadi dewasa dan mengeksiskan diri.

4.   Memiliki kriteria tertentu

Sumber daya manusia yang dibutuhkan perpustakaan dapat dipilih dan diseleksi melalui berbagai pendekatan atau kriteria tertentu. Kriteria ini bisa dari segi pendidikan, kemampuan fisik, jenis kelamin, pengalaman, psikologi,  motivasi, dan paham tertentu.

Penentuan kriteria ini sangat menentukan gerak dan langkah perpustakaan dalam pengembangan yang signifikan

 

Lasa  Hs.

 

0 Komentar